Find Us On Social Media :

Menurunkan Kadar Hipertensi dengan Daun Basil, Begini Cara Pakainya

Daun basil mempunyai khasiat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

GridHEALTH.id - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan prekursor untuk kondisi kesehatan yang jauh lebih serius seperti serangan jantung atau stroke, dan penyebab kematian tertinggi di dunia yang mengalahkan kanker.

Ada sejumlah faktor lingkungan yang mempengaruhi individu untuk tekanan darah tinggi, tetapi diet adalah prekursor yang sama pentingnya.

Makanan tinggi natrium dapat merusak tekanan darah karena menyebabkan tubuh menahan air, yang memberikan tekanan pada dinding pembuluh darah.

Banyak cara untuk menurunkan kadar hipertensi agar tekanan darah kita terjaga dan tidak berkembang menjadi penyakit serius.

Di antaranya dengan memberikan pengobatan rutin melalui obat dokter. Tetapi kita juga dapat mengombinasikannya dengan pengobatan rumahan, yang sebaiknya atas pengetahuan dokter juga.

Jenis herbal tertentu yang ditambahkan ke makanan telah terbukti sangat efektif dalam membantu mengurangi risiko hipertensi. Salah satunya dengan daun basil.

Banyak daerah di Asia yang menggunakan daun basil sebagai campuran yang menambah rasa pada sebagian besar hidangan yang datang dalam berbagai bentuk. Ini adalah pengobatan alternatif yang populer karena berbagai senyawa kuatnya. Daun basil kaya akan eugenol dengan penelitian yang menghubungkan antioksidannya dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa eugenol yang terkandung pada daun basil dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami. Tanaman tinggi eugenol, seperti daun kemangi yang masih keluarga dengan daun basil juga mengandung senyawa fenilpropanoid, digunakan sebagai obat tradisional untuk meringankan penyakit termasuk hipertensi. Sebuah studi yang diterbitkan di National Library of Health, kemampuan eugenol untuk melebarkan arteri dengan menghambat saluran kalsium yang bergantung pada tegangan sel otot polos dianalisis.

Baca Juga: Acar dan Tomat Kalengan, Sayuran yang Dilarang untuk Penyandang Hipertensi

Baca Juga: Ajaib, Racikan Bahan Alami Ini Ternyata Ampuh Kempiskan Perut Buncit

Baca Juga: 4 Titik Pijat Atasi Perut Kembung, Rasakan Manfaatnya Segera

Studi menunjukkan bahwa eugenol melebarkan arteri yang menyempit oleh tekanan atau depolarisasi membran dengan cara yang bergantung pada konsentrasi. “Data kami menunjukkan bahwa eugenol melebarkan arteri serebral melalui penghambatan multimodal saluran yang berpengaruh pada tekanan darah tinggi,” catat sebuah penelitian.

Daun basil bisa digunakan sebagai lalapan mentah, ditambahkan ke dalam teh, dicampurkan ke dalam salad, atau campuran sup.(*)