Find Us On Social Media :

Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas: Sinusitis, Rinitis, Tonsilitis, Ini Penyebab dan Gejalanya

Ini tiga jenis infeksi saluran pernapasan atas, kenali penyebab dan gejala umumnya.

GridHEALTH.id - Penyakit infeksi pada saluran pernapasan dibagi ke dalam dua jenis, infeksi saluran pernapasan atas dan bawah.

Selain letak infeksi yang jelas berbeda, penyebab dan gejala awal dari dua jenis infeksi pernapasan ini tentu berbeda.

Mari mengenali  gejala dan penyebab dari tiga jenis penyakit infeksi pernapasan atas, sinusitis, rhinitis, dan tonsilitis.

Penyakit Infeksi Pernapasan Atas

Penyakit ini artinya dapat menginfeksi saluran pernapasan bagian atas dan biasanya bersifat akut atau tiba-tiba, selain itu memiliki efek sistemik akibat terjadinya perluasan infeksi mikroba, inflamasi, dan penurunan fungsi paru.

Sebagian besar penyakit infeksi saluran atas dapat sembuh dengan sendirinya, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi komplikasi.

Secara umum, penyakit infeksi pernapasan yang berulang dikategorikan setelah terjadinya infeksi sebanyak enam kali dalam satu tahun atau lebih, dan diantara itu biasanya satu kali dalam sebulan infeksi menyerang saluran pernapasan atas.

Berikut ini tiga jenis penyakit yang terjadi akibat infeksi pernapasan atas :

Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan pada sinus yang menyebabkan area sinus, empat rongga berpasangan di kepala, tersumbat dan berisi cairan.

Saat area sinus tersumbat, maka hasilnya sinus tidak bisa berfungsi baik untuk menjaga hidung tetap bersih, diganti oleh cairan yang memancing bakteri tumbuh hingga menginfeksi.

Baca Juga: Kenali dan Waspadai 7 Penyakit Infeksi yang Mudah Menular, Mencegah Lebih Baik Sebelum Terjadi Wabah