Find Us On Social Media :

8 Manfaat Seks Saat Hamil, Salah Satunya Mempercepat Kontraksi hingga Mengurangi Nyeri

Hubungan seks saat hamil mempunyai manfaat yangbaik bagi ibu, ada 9, lo.

GridHEALTH.id - Seks bukan saja bisa dinikmati oleh wanita tidak hamil.Wanita sedang hamil pun bisa menikmati seks.Malah saat hamil tua, hasrat seks wanita biasanya menggebu.Untuk diketahui, biasanya keinginan melakukan seks pada ibu hamil muncul secara alami di kehamilan tua, 9 bulan.Penyebabnya tidak lain adanya kestabilan kondisi perempuan bersamaan dengan ukuran perut yang membesar.Bahkan, wanita hamil umumnya lebih sering mendapati orgasme daripada sebelumnya tiap melakukan seks.Tapi amannya sebelum ibu hamil melakukan seks, baiknya skrining terlebih dahulu, aman dan baik tidak melakukan hubungan seks.Sebab walau hubungan seks banyak manfaatnya bagi ibu, prosedur tersebut harus dijalani dahulu, supaya yakin ibu hamil tidak ada masalah alia sehat-sehat saja.Karena seks itu untuk ibu sehat, bukan untuk yang sedang bermasalah dengan kesehatan, apalagi saat itu sedang hamil.Adapun manfaat dari seks bagiibu hamil adalah, dilansir dari prenagen.com, adalah:* Mereduksi stres

Baca Juga: Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas: Sinusitis, Rinitis, Tonsilitis, Ini Penyebab dan Gejalanya

Manfaat berhubungan intim saat hamil 9 bulan pertama yakni dapat menghilangkan stres.Sama halnya saat memakan coklat dan pergi berlibur, hubungan seks bisa menurunkan tekanan darah dan memicu pelepasan substansi endorfin di otak yang berguna untuk mengendalikan stres serta gangguan emosional saat hamil.* Mereduksi nyeriHormon yang dilepaskan ketika sudah mencapai orgasme bisa mengurangi rasa sakit yang diderita saat hamil, seperti sakit punggung, tegang di leher, serta sakit kepala yang biasanya diderita Ibu hamil akibat hormon.* Tingkatkan kekebalan tubuhHubungan seks juga dapat memicu keluarnya hormon DHEA (dehydroepiandrosterone) yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukan, pasangan yang berhubungan seks dengan teratur yakni 2—3 kali seminggu memiliki kadar antibodi dalam tubuh yang lebih tinggi daripada pasangan yang tidak rutin berhubungan seks.

Antibodi tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh Ibu hamil.

* Tingkatkan kesehatan jantung Seperti yang sudah diketahui, jika penyakit berbahaya seperti sakit jantung dapat mempengaruhi kondisi Ibu hamil saat mengandung.

Saat berhubungan intim ketika hamil 9 bulan, ternyata dapat melatih kekuatan dan keseimbangan otot-otot jantung.

Baca Juga: Catat! Atasi Asam Urat, Harus Hindari 7 Makanan Pantangan dan Konsumsi 7 Makanan Ini

Penelitian menyatakan, berhubungan seksual dengan rutin dalam seminggu bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Kekuatan jantung juga dibutuhkan Ibu sebagai persiapan menghadapi persalinan normal.

* Tingkatkan percaya diriIbu yang sedang hamil umumnya tidak percaya diri dengan tubuhnya yang berubah bentuk. Namun, dengan melakukan beberapa terapi seks bisa meningkatkan rasa percaya diri, karena Ibu akan merasa diterima meskipun adanya perubahan pada tubuh Ibu.

* Mempererat HubunganHubungan seks memperkuat ikatan suami istri. Saat berhubungan intim ketika hamil 9 bulan, Ibu dan pasangan akan saling menerima sentuhan kasih sayang yang intim, sehingga bisa meningkatkan keluarnya hormon oksitosin yang berfungsi untuk mengembangkan hasrat seksual.

Pelepasan oksitosin dengan teratur dapat membantu memperbesar frekuensi bercinta.