Find Us On Social Media :

Rebusan Daun Sirih Merah Bagus Untuk Kesehatan Jantung, Ini Cara Membuatnya

Daun sirih merah bisa atasi masalah jantung secara alami.

GridHEALTH.id - Secara empiris daun sirih merah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, dan batu ginjal.

Daun sirih merah juga dipercaya mampu menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.

Salah satu yang membuat daun sirih merah begitu populer adalah karena dipercaya efektif mengobati penyakit jantung.

Berdasarkan laporan Kemenkes RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah penyakit stroke.

Banyak yang menganggap bahwa penyakit ini menyerang orang tua, tapi penerapan gaya hidup yang tidak sehat, bisa membuat penyakit ini dapat terjadi pada usia muda.

Jantung menjadi pusat sistem peredaran darah. Fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh.

Darah yang jantung pompa ini membawa oksigen dan nutrisi penting yang sel, organ, jaringan dalam tubuh kita butuhkan agar bisa berfungsi dengan normal. Jika jantung, otot jantung, dan pembuluh darah di sekitarnya mengalami gangguan, sirkulasi darah ke seluruh tubuh bisa terganggu.

Akibatnya, sel, jaringan, dan organ mungkin tidak mendapat asupan darah yang mencukupi sehingga akan mati. Kondisi ini bisa menyebabkan kematian jika tidak segera dilakukan penanganan.

Berdasarkan buku "Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat", pembuatan air rebusan daun sirih untuk menjaga kesehatan jantung cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah.Berikut ini cara membuat air rebusan daun sirih untuk mengobati jantung.Bahan

Baca Juga: Ternyata Penderita Jantung Bisa Dilihat dari Kuku dan Kulit, Ini 7 Pertanda Awal

Baca Juga: Vaksin Monkeypox Sudah Dipesan Menkes RI, Satgas Ungkap Kemungkinan KIPI Usai Divaksin

- daun sirih segar berukuran sedang 3-4 lembar- air empat gelas atau 800 mlCara membuat:- Cuci bersih daun sirih merah- Rebus dengan air sampai mendidih- Matikan api setelah air menyusut menjadi dua gelas- Saring air rebusan daun sirih merah, lalu minum selagi hangat