Find Us On Social Media :

Mengenal Prevnar 13 yang Digunakan di Indonesia untuk Program Vaksinasi PCV

Inlah vaksin Prevnar 13 dari Pfizer yang menjadi vaksin wajib di Indonesia dalam program imunisasi PCV.

GridHEALTH.id - Imunisasi Pnemococcal Conjugate Vaccine (PCV) menjadi vaksin ke 14 yang wajib diberikan kepada anak Indonesia.

Imunisasi ini sangat penting untuk mencegah terjadinya radang paru alias pneumonia.

Vaksin inimenjasi wajib, karena di Indonesia sekitar 14,5% kematian pada bayi dan 5% kematian pada balita tiap tahunnya disebabkan karena pneumonia.

Untuk mendapatkan imuniasi PCV bisa di posyandu, puskesmas maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya seperti rumah sakit, klinik, praktik mandiri dokter, praktik mandiri bidan, dan fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang memberikan layanan imunisasi.

Kemenkes menargetkan 4,6 juta anak dan balita mendapatakan vaksin cegah pneumonia ini.

Dikarenakan ini merupakan vaksinasi rutin, maka ditargetkan mencapai 90 persen.

"Untuk vaksinasi PCV ini karena merupakan bagian dari imunisasi rutin maka targetnya sama dengan imunisasi rutin lainnya yaitu 90% dari sasaran," jelas Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril, Rabu (14/9).

Untuk program imunisasi PCV di Indonesia, Kementerian Kesehatan menggunakan vaksin asal Amerika Serikat produksi Pfizer, Pneumococcal 13 valent Conjugate Vaccine atau yang dikenal dengan Prevnar 13.

"Vaksin PCV yang kita (Kemenkes) gunakan untuk program imunisasi anak Indonesia adalah Pneumococcal 13 valent Conjugate Vaccine," beber dr Mohammad Syahril, Rabu (14/9), dikutip dari Media Indonesia (14/09/2022).

Inilah Prevnar 13

PREVNAR 13® direkomendasikan oleh dokter di American Academy of Pediatrics (AAP), dan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan Komite Penasihatnya untuk Praktik Imunisasi (ACIP).

Baca Juga: Tangan Kesemutan Ketika Mengetik Gejala Carpal Tunnel Syndrome, Lakukan Ini di Rumah