Find Us On Social Media :

Kabar Baik, WHO Umumkan Akhir Pandemi, Sudah di Depan Mata, Tetap Tak Boleh Lengah

WHO; Akhir pandemi Covid-19 sudah di depan mata, masyarakat diminta tetap berhati-hati.

GridHEALTH.idPandemi Covid-19 sudah berjalan selama dua tahun sejak 2020 hingga 2022 ini.

Belakangan ini situasi pandemi Covid-19 di berbagai negara dunia mulai membaik dan masyarakat sudah beraktivitas secara normal.

Meskipun beberapa waktu yang lalu masih muncul varian Covid-19 baru, tapi kondisi pandemi Covid-19 tidak seburuk seperti sebelumnya.

Akhir pandemi Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melihat harapan titik akhir pandemi, setelah mengungkapkan kematian mingguan akibat Covid-19 di seluruh dunia berada di posisi terendah sejak Maret 2020.

Berdasarkan data WHO, kematian mingguan Covid-19 pada 5 September mencapai 11.118 pasien.

Mereka juga memperkirakan sekitar 19,8 juta kematian dapat dicegah pada tahun 2021 karena penyuntikkan vaksin Covid-19 telah dilakukan di seluruh dunia.

“Minggu lalu, laporan angka kematian karena Covid-19 terendah sejak Maret 2020,” kata Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari The Guardian, Rabu (14/9/2022).

Menurutnya, ini merupakan kondisi yang baik sejak pandemi Covid-19 dimulai dan menjadi titik terang untuk keluar dari situasi ini.

“Kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi, kita belum sampai di sana, tapi akhir sudah di depan mata,” ungkapnya.

Ia menganalogikan pandemi Covid-19 sebagai perlombaan lari marathon.

Baca Juga: BPOM Sahkan Vaksin Booster Covid-19 Covovax untuk Usia 18 Tahun ke Atas, Ini Efek Sampingnya