Find Us On Social Media :

Covid-19 Bakal Berakhir Sudah di Depan Mata, Haruskah Terus Memakai Masker Saat di Pesawat?

Penumpang pesawat terbang ada yang masih ingin memakai masker di pesawat.

GridHEALTH.id - Masker wajah dan pembatasan  wilayah telah secara bertahap dicabut di banyak bidang kehidupan dengan negara-negara yang mencoba mengucapkan selamat tinggal pada Covid-19, namun, beberapa masih bertanya-tanya apakah mereka harus memakainya saat bepergian dengan pesawat.Banyak maskapai penerbangan di seluruh dunia tidak lagi mewajibkan penumpang untuk memakai masker wajah.

Ada yang senang, tetapi tak sedikit penumpang yang masih takut terinfeksi virus penyebab Covid-19 dan menginginkan perlindungan ekstra yang diberikan masker.

Manfaat memakai masker tidak terbantahkan, kata fisikawan aerosol Jerman Gerhard Scheuch, yang telah mempelajari penularan virus corona baru melalui aerosol dalam ruangan untuk Asosiasi Klinik Pneumatologi (VPK) yang berbasis di Stuttgart, dikutip dari Deutsche Welle (19/09/2022).

Kiatnya: "Jika Anda memiliki kekhawatiran dan ingin melindungi diri Anda dengan sangat baik, Anda disarankan untuk memakai masker."Penerbangan bisa bertahan lama dan memakai masker selama itu tidak nyaman. Bagi mereka yang mencari titik  temu dan bimbang antara memakai masker atau tidak,  Scheuch mencatat bahwa,  "mengenakan masker sangat penting ketika Anda naik pesawat, sebelum lepas landas (take-off) dan setelah mendarat (landing)."Dia menganalisis udara kabin selama beberapa penerbangan, "Dan saya perhatikan bahwa tingkat CO2 di pesawat, dan akibatnya tingkat aerosol, naik ketika berada di darat. Mereka turun selama penerbangan dan terus-menerus tetap relatif rendah."Alasannya adalah bahwa pesawat berventilasi lebih baik di udara daripada di darat. Karena alasan sistem penyaringan yang baik  inilah, jadi  salah satu alasan mengapa wajib memakai masker selama penerbangan dipertanyakan.Menggambarkan langkah-langkah kebersihan di dalam pesawat, maskapai penerbangan Jerman Lufthansa, misalnya, menyatakan hal berikut di situs webnya: "Semua sirkulasi udara disaring dan kotoran seperti debu, bakteri, dan virus dibersihkan dari udara di dalam kabin. Ini terdiri dari sekitar 40% dari udara kabin, sisanya adalah udara segar dari luar pesawat.”

Tetapi ada juga ahli kimia lain yang mengatakan, aliran udara di dalam pesawat adalah dari atas ke bawah. "Tidak ada aliran udara secara horizontal dari sisi ke sisi atau sepanjang pesawat."

Jadi memiliki kursi kosong antara kita dan sesama penumpang, opsi yang terkadang ditawarkan oleh maskapai penerbangan selama pandemi, bukanlah tindakan pencegahan Covid-19 yang efektif.Apakah ada indikator kapan sebaiknya memakai masker selama penerbangan?

Baca Juga: Presiden Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker, Masyarakat Enggan Melepas Karena Mengaku Sudah Nyaman

Baca Juga: 5 Tips Cara Bertahan Lama di Tempat Tidur Saat Berhubungan Intim

Ya, kata Scheuch, yaitu konsentrasi karbon dioksida di udara ambien. Dia mengukurnya di pesawat terbang dan ruang tertutup lainnya dengan pengukur karbon dioksida."Orang-orang mengembuskan CO2. Jadi ketika kadar CO2 tinggi, kadar aerosol juga bisa tinggi," menurut Scheuch, yang selalu membawa pengukur karbon dioksida dan menyarankan orang lain untuk melakukan hal yang sama jika mereka cemas dan merasa tidak aman.Pengukur karbon dioksida pada dasarnya menunjukkan ketika udara di sebuah ruangan "basi."

Banyak perangkat mengingatkan kita beberapa kali sehari untuk membuka jendela rumah . Menurut pengawas konsumen Jerman Stiftung Warentest, selama pandemi, kita harus membuka ventilasi ruangan ketika tingkat karbon dioksida melebihi 800 bagian per juta (ppm).Apakah lebih baik memakai FFP atau masker bedah?FFP adalah singkatan dari "filtering facepiece." Masker FFP2 diwajibkan oleh standar Eropa untuk menangkap setidaknya 94% aerosol yang lebih besar dari 0,6 mikron, tingkat perlindungan yang serupa dengan respirator N95 di Amerika Serikat dan masker KN95 China.

Masker FFP3 harus menangkap setidaknya 99%. Jadi ketika dipakai dengan benar, masker berkualitas tinggi dari jenis ini akan melindungi kita dengan baik."Masker bedah juga melindungi Anda dengan cukup baik, biasanya menangkap antara 70 dan 90%," kata Scheuch."Awalnya saya bukan penggemar masker, setelah membaca penelitian yang mengatakan bahwa masker tidak terlalu berguna dalam pandemi ini," kata Scheuch, yang telah melakukan penelitian tentang aerosol selama sekitar 40 tahun.

"Tapi saya berubah pikiran saat pertama kali menguji masker FFP2 sendiri di laboratorium."Scheuch juga mengingatkan,  berbagai jenis masker wajah secara efektif melindungi kita hanya ketika mereka pas di wajah kita.