Find Us On Social Media :

Tak Harus dengan Obat Dokter, Ini 5 Obat Alami Sariawan Untuk Bayi

Sariawan pada bayi bisa membuatnya rewel, dapat diatasi dengan obat alami.

GridHEALTH.id - Sariawan adalah infeksi jamur umum yang ditandai dengan bercak putih di lidah dan pipi. Bayi paling rentan karena ragi tumbuh subur di tempat yang hangat dan basah, seperti mulut ompong si kecil. Selain itu, sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang untuk melawan jamur.Bayi juga dapat mengalami sariawan akibat antibiotik, baik yang meminum antibiotik sendiri atau jika orangtua yang menyusui harus minum antibiotik, seperti untuk mengobati mastitis.

"Ketidakseimbangan ragi tubuh dapat disebabkan oleh penyakit, yang menurunkan pertahanan alami kita, tetapi penyebab umum lain dari ketidakseimbangan ekologis adalah penggunaan antibiotik," jelas Miranda Hillard, M.D., dokter anak di Rumah Sakit Anak Helen DeVos di Michigan, Amerika Serikat.

"Ketika kita menggunakan antibiotik, kita membunuh bakteri baik bersama dengan bakteri 'jahat', dan ketidakseimbangan ini dapat membuat spesies yang tidak diinginkan tumbuh lebih mudah."Jika orangtua mencurigai bayinya menderita sariawan, pertama-tama  harus selalu menemui dokter anak untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan rencana perawatan.

"Oral thrush (sariawan) biasanya diobati dengan obat antijamur yang diresepkan seperti Nystatin. itu adalah pengobatan topikal yang ditempatkan di lidah bayi," kata Joe Craig, MD, dokter anak FAAP Kaiser Permanente di Colorado.

"Daripada hanya diteteskan di lidah, orangtua bisa menggunakan pembersih telinga untuk mengoleskannya dengan lembut ke lidah bayi. Paling baik digunakan setelah menyusui, sehingga ASI atau susu formula tidak menghilangkan obatnya."Namun, jika sariawan tidak parah dan membuat bayi tetap nyaman, kita juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengobatinya secara alami.

"Saya akan merekomendasikan orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter anak dan menanyakan apa yang tepat untuk bayi. Semuanya tergantung pada preferensi pribadi Anda dan apa yang menurut Anda terbaik untuk anak Anda," jelas Dr. Craig.

Itu karena sistem kekebalan bayi masih berkembang, dan beberapa pengobatan ini mungkin memiliki efek samping negatif dalam kasus-kasus tertentu. Jadi pastikan orangtua menjalankan apapun yang diminta oleh dokter terlebih dahulu.Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Tetapi sekali lagi, selalu bicarakan dengan dokter lebih dulu.

1. Kurangi gula

Baca Juga: Hanya Dengan Konsumsi Buah-buahan Enak Ini, Bisa Ampuh Atasi Sariawan Tak Datang Lagi

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Bawang Putih Untuk Menurunkan Tekanan Darah Penderita Hipertensi

Karena Candida albicans jamur penyebab sariawan tumbuh subur dari gula, masuk akal bahwa mengurangi makanan manis dalam makanan mereka , jika mereka telah mengonsumsi MPASI, dapat mencegah sariawan. Itu termasuk buah, serta karbohidrat olahan, gula tambahan, jus, dan pemanis buatan, yang seharusnya tidak dikonsumsi bayi.

2. Usap air garam