Find Us On Social Media :

Pilihan Obat Koletsrol Tinggi Resep Dokter, Ketahui Juga Efek Sampingnya!

Obat kolesterol tinggi resep dokter akan disesuaikan dengan usia dan risiko penyakit jantung.

GridHEALTH.idKolesterol tinggi menjadi ancaman bagi penderitanya, karena dapat meningkatan risiko penyakit serius.

Adanya kolesterol dalam darah merupakan hasil produksi alamiah organ liver dan sebagiannya lagi berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Kapan obat kolesterol dibutuhkan?

Menurut CDC, pengobatan kolesterol tinggi tergantung kepada kondisi kolesterol dalam darah dan seberapa besar risiko terjadinya penyakit jantung maupun stroke.

Obat kolesterol tinggi resep dokter biasanya baru akan diberikan bila pasien kolesterol pernah mengalami serangan jantung, stroke, atau mempunyai penyakit arteri perifer.

Selain itu, obat kolesterol juga dibutuhkan apabila hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah lebih dari 190 mg/dL atau berusia sekitar 40-75 tahun dan merupakan penderita diabetes.

Obat kolesterol tinggi resep dokter dibutuhkan tidak hanya menurunkan kolesterol jahat saja, tapi juga mengurangi trigliserida atau lemak dalam darah yang juga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, beberapa obat kolesterol tinggi resep dokter juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang bisa memberikan perlindungan bagi jantung.

Jenis obat kolesterol tinggi resep dokter

Penggunaan obat kolesterol yang diresepkan dokter juga harus didukung oleh gaya hidup sehat, agar kondisinya bisa lebih cepat membaik.

Adapun daftar obat kolesterol tinggi resep dokter yang bisa diperoleh di apotek adalah berikut ini.

Baca Juga: 8 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol Jahat, Sehat untuk Dikonsumsi!