Find Us On Social Media :

Ini 4 Makanan yang Tidak Sehat Pemicu Kanker Usus

Daging merah perlu dibatasi konsumsinya karena termasuk makanan yang tidak sehat bagi penderita kanker usus.

GridHEALTH.idKanker usus adalah salah satu jenis kanker yang cukup mematikan. Organisasi Kesehatan Dunia mencatat pada 2020, ada sebanyak 1 juta kematian di seluruh dunia karenanya.

Pada tahun yang sama, sekitar 2 juta kasus baru kanker usus terdiagnosis. Menjadikannya sebagai jenis kanker nomor tiga yang paling banyak di dunia.

Sama halnya dengan penyakit lain, pola makan yang tidak sehat juga menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kanker usus.

Melansir Moffitt Cancer Center, beberapa makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya peradangan di tubuh, yang dikaitkan dengan tingginya risiko kanker usus.

Dengan memerhatikan beberapa jenis makanan yang tidak sehat bagi penderita kanker usus, dapat membantu mencegah kondisi yang lebih serius atau pada orang yang berisiko, bisa dijadikan sebagai pencegahan.

Berikut ini adalah sederet makanan tidak sehat picu kanker usus, yang sebaiknya jumlah konsumsinya sangat dibatasi

1. Daging merah

Ahli bedah kolorektal di Geisinger Wyoming Valley Medical Center, mengatakan bahwa daging merah dan olahan termasuk ke dalam daftar makanan yang tidak sehat bagi penderita kanker usus.

Dilansir dari laman Geisinger, sejumlah peneliti menemukan makan 50 gram daging olahan setiap harinya dapat meningkatkan risiko kanker usus sebesar 18 persen.

Sementara itu, daging merah konsumsinya memang tidak perlu langsung dihentikan. Namun, jumlahnya dibatasi dan disarankan untuk menggantinya dengan daging ungags atau ikan.

2. Roti putih

Baca Juga: 9 Gejala Kanker Usus Stadium Awal yang Sering Terabaikan, Salah Satunya Diare