Find Us On Social Media :

Asam Lambung Kambuh? Coba Titik Pijat di Area Berikut Untuk Meredakan

Asam lambung dapat diatasi dengan pijatan di area tertentu.

GridHEALTH.id - Gangguan pencernaan bisa membuat frustrasi, dan mengganggu. Untuk mengatasinya jangan buru-buru minum obat. 

Ada banyak alasan orang mengalami mulas atau gangguan pencernaan, kata Shirlene Ried, ahli diet yang berbasis di Missouri dari Understood Nutrition.

Alasan ini dapat berkisar dari posisi tidur dan intoleransi makanan hingga minum minuman berkarbonasi.

Ketidaknyamanan juga bisa berasal dari genetika atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD), yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar yang mengganggu.

Salah satu cara mengatasi asam lambung adalah dengan melakukan pijatan berikut;

1. Mulailah dengan pernapasan dalamLetakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut, kata Ried. Kemudian, ambil napas dalam-dalam dengan menghitung masuk empat kali dan keluarkan empat kali.

Ulangi pola pernapasan ini selama 5-10 napas untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis  yang meningkatkan pencernaan  dan, pada gilirannya, dapat mengurangi ketidaknyamanan.\

Ini juga memijat sistem dari dalam dengan melibatkan diafragma, otot kuat yang berada di bawah paru-paru .

2. Gosok perut searah jarum jam

Bayangkan perut sebagai jam, dan pusar adalah tengah hari, kata Elizabeth Trattner, AP, LAc, NCCAOM, ahli akupunktur berlisensi negara bagian Florida dan ahli akupunktur bersertifikat nasional.

Dia merekomendasikan menggunakan tangan atau tiga jari  untuk perlahan-lahan menggosok perut dalam lingkaran searah jarum jam, mulai dari pusar .

Baca Juga: Gejala Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi Bau Lahir, Bisakah Disembuhkan?