Find Us On Social Media :

5 Obat Sariawan dari Bahan Alami Ampuh dan Tidak Bikin Perih

Bakteri menguntungkan dalam probiotik dan yogurt dapat membantu menyembuhkan sariawan di mulut.

GridHEALTH.id - Sariawan adalah infeksi oleh jamur candida, atau dikenal sebagai ragi, yang menyebabkan bercak putih di mulut yang bisa terasa sakit.

Ini juga bisa menjadi sumber bau mulut. “Kita tahu bahwa sariawan berkembang dengan peningkatan gula di mulut atau pH yang berubah,” kata Tasneem Bhatia, MD, seorang ahli kesehatan integratif dan penulis What Doctors Eat.

“Kedua faktor ini mempengaruhi jumlah bakteri di mulut, mendorong atau menghambat pertumbuhan ragi.”

Infeksi paling sering terjadi pada bayi, atau pada anak-anak atau orang dewasa yang menggunakan antibiotik atau memiliki sistem kekebalan yang terganggu.

Untuk mengobati sariawan, kita dapat menggunakan bahan alami yang tidak bikin perih. Berikut adalah obat alami tersebut;

1. Probiotik atau yoghurt

Bakteri menguntungkan dalam probiotik dan yogurt dapat membantu menyembuhkan sariawan di mulut.

"Probiotik atau yogurt dengan kultur aktif dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di mulut," kata dokter anak Carrie Brown, MD, profesor pediatri di Rumah Sakit Anak Arkansas di Little Rock, Arkansas, AS. Ambil yang tanpa gula (plain yoghurt).

2. Air garamGaram sangat penting untuk masakan yang beraroma, tetapi penggunaannya jauh melampaui dapur.

Salah satu penggunaan yang populer adalah sesuatu yang sering direkomendasikan dokter. Bilas air garam untuk membantu meringankan gejala infeksi jamur dan membersihkan sariawan di mulut.

3. Bubuk soda kue (baking soda)

Baca Juga: Obat Herbal Alami Untuk Sembuhkan Sariawan, Cukup Segelas Air Kelapa