Find Us On Social Media :

Ramai Somasi Es Teh, Benarkah 3kg Gula Bisa Sebabkan Kekeliruan Informasi?

Gegara gula dalam es teh, konsumen protes berujung disomasi. Ini faktanya.

GridHEALTH.id - Akun Twitter @gandhoyy sempat mengunggah kritikan terhadap minuman es teh yang dibelinya, produk Es Teh Indonesia.

“Abis minum es teh indonesia yang chizu red velvet pertama kali dan terakhir kali,” tulis @gandhoyy mengawali tweetnya.

Lalu diapun menulis kembali.“an***g lu gila yak itu bukan minuman tai tapi gula 3kg dikocok sama sp bahan kue tolol bet siapa sih yang bikin ni minuman bangs**t bangkrut ae lu mending daripada bocah kena diabetes massal,” tulis akun @gandhoyy.

Nah, karena cuitannya itu, dirinya langsung mendapat respon dari Es Teh Indoensia, yaitu somasi.

Tapi Akun @gandhoyy itu langsung ramai dengan tanggapan warganet. Sebagian besar juga membagikan pengalamannya terhadap produk tersebut.

Somasi terhadap akun @gandhoyy dengan ancaman UU ITE.

Walhasil akun @gandhoyy beberapa hari kemudian membuat klarifikasi dan permintaan maaf dengan melampirkan surat somasi tertanggal 24 September dari PT Es Teh Indonesia Makmur.“Selamat pagi, perkenalkan saya Gandhi sebagai pemilik akun twitter @gandhoyy yang pada berberapa hari lau saya membuat twit yang tidak mengenakkan kepada perusahaan minuman PT. ES Teh Indonesia Makmur yang dimana saya mencela produk yang saya konsumsi yang menyebabkan kerugian pada perusahaan minuman terkait,” tulisnya dalam thread di twitter.“Sehingga disini saya sendiri ingin memohon maaf kepada PT. ES Teh Indonesia Makmur karena saya telah membuat twit yang ramai diperbincangkan publik yang berhubungan dengan salah satu produknya yaitu ‘Chizu Red Velvet’ yang saya beropini dan juga sekaligus menjelekkan nama produk, pemberian informasi yang keliru, kandungannya, dan nama perusahaan,” sambungnya.“Sekali lagi saya memohon maaf terhadap twit yang saya buat atas pencemaran nama baik PT. ES Teh Indonesia Makmur. Terima kasih,” tutupnya sembari men-tag akun Es Teh Indonesia.

Baca Juga: Peringatan Hari Jantung Sedunia, Terapkan Gaya Hidup Sehat Untuk Kesehatan Jantung

Saat itu oula cuitannya yang di atas dihapus oleh @gandhoyy.

Penyebab Es Teh Indonesia MensomasiPT Esteh Indonesia Makmur melayangkan somasi kepada @gandhoyy karena dianggap mengandung hinaan yang dianggap tidak pantas.Brian Michael selaku tim legal Es Teh menyampaikan, pada prinsipnya perusahaan selalu membuka pintu terhadap kritik dan saran dari konsumennya.

Namun, perusahaan menyatakan keberatan dengan unggahan yang disampaikan Gandhi mengenai pernyataan atas rasa manis pada produk yang bersifat subjektif.Selain itu, Es Teh juga telah memberikan opsi lain sesuai kebutuhan konsumen."Sehingga kurang pantas menyatakan bahwa produk Chizu Red Velvet (minuman) seperti gula seberat 3 kg. Kami menganggap pernyataan tersebut dapat menyebabkan pemberian informasi keliru dan/atau menyesatkan kepada konsumen/publik," tulis Brian dalam keterangannya (25/9/2022), dilansir dari radarbogor.id (25/09/2022).

Hal lainnya yang memberatkan pihak manajemen Es Teh Indonesia adalah, adanya kata-kata hewan dan kata yang kurang baik lainnya yang ditujukan kepada perusahaan selaku pemilik merek dan pencipta produk tersebut.