Find Us On Social Media :

Kenali Tanda Serangan Jantung yang Paling Umum Terjadi, Jangan Sampai Terlambat!

Tanda serangan jantung yang paling umum ditandai dengan nyeri dada. berlangsung beberapa menit.

GridHEALTH.id -  Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi pria, wanita, dan orang-orang dari sebagian besar kelompok ras dan etnis di dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada laporannya di 2018.

Itulah mengapa sangat penting untuk tetap waspada terhadap tanda dan gejala serangan jantung , termasuk beberapa tanga yang kurang jelas (samar), memahami bagaimana gejala terkadang berbeda antara pria dan wanita, dan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika serangan menyerang dan menit penting.

Gejala serangan jantung yang umum dapat meliputi:

1. Ketidaknyamanan dada – Sebagian besar serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di bagian tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit, atau yang hilang dan muncul kembali. Itu bisa terasa seperti tekanan yang tidak nyaman, meremas, kepenuhan atau rasa sakit.

2. Ketidaknyamanan di area lain dari tubuh bagian atas. Ini bisa termasuk rasa sakit atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut.

3. Sesak napas dengan atau tanpa rasa tidak nyaman di dada.

4. Tanda-tanda lain, termasuk berkeringat dingin, mual atau pusing.

 Gejala pada wanita vs priaWanita terkadang dapat mengalami gejala serangan jantung yang berbeda dari pria. Sementara gejala yang paling umum untuk pria dan wanita adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan.

Wanita lebih mungkin untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya , dan lebih samar sehingga sering diabaikan,  terutama sesak napas, kelelahan yang tidak biasa, mual/muntah dan nyeri punggung atau rahang, dan nyeri (kadang-kadang tanpa ketidaknyamanan dada yang jelas).Bukan hanya perokok berat, orang yang stres atau kelebihan berat badan yang dapat menderita serangan jantung.

Jika tidak, orang sehat, yang mungkin menganggap kondisi mereka sebagai sesuatu yang lain seperti flu, gangguan pencernaan yang tidak normal, waktu stres yang luar biasa atau kelelahan yang tidak “terasa benar”, capat menunda perawatan yang berpotensi menyelamatkan jiwa dan menderita serangan jantung.

Baca Juga: 5 Obat Rumahan untuk Mencegah Penyakit Jantung, Semua Ada di Dapur!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Obat Kumur Antiseptik Sering Digunakan Untuk Atasi Sariawan Membandel