Find Us On Social Media :

Pengobatan Akupuntur Efektif untuk Mengobati Semua Penyakit Ini

Akupuntur dilakukan dengan menggunakan jarum khusus yang steril dan lentur.

GridHEALTH.idAkupuntur adalah salah satu cabang pengobatan tradisional China atau Traditional Chinese Medicine (TCM), yang sudah terkenal sejak zaman dulu.

Seperti yang diketahui, akupuntur identik dengan cara pengobatan menggunakan jarum yang ditusukkan ke tubuh pasien.

Founder Indo TCM Center dr. Aryaprana Nando, MBBS, MCMM, mengatakan bahwa akupuntur dapat mengatasi keluhan yang dialami oleh pasien lebih dalam dibandingkan jenis TCM lainnya.

“Soalnya akupuntur berada di tengah-tengah, penyakit yang ada di permukaan (kulit), di dalam, atau tengah-tengah juga bisa (diobati),” kata dokter Aryaprana Nando dalam GridHEALTH Dialogue, Senin (26/9/2022).

“Kalau dibandingkan dengan pijat, hanya di permukaan saja. Kulit dengan otot, nggak bisa masuk lebih dalam lagi (pengobatannya),” lanjutnya.

Penyakit yang bisa diobati dengan akupuntur

Lebih lanjut, dokter Aryaprana mengatakan manfaat akupuntur yakni dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Mulai dari yang ringan seperti pegal-pegal, nyeri otot, maupun gejala flu, hingga penyakit kronis atau yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Untuk jenis penyakit yang ringan, pengobatan akupuntur saja sudah cukup meredakan keluhan yang dirasakan.

Sedangkan untuk penyakit kronis, akupuntur bertujuan untuk membantu proses penyembuhan dan biasanya juga dibarengi dengan terapi lain.

“Terkadang penyakit-penyakit kronis seperti stroke atau kanker, tidak cukup dengan akupuntur saja. Biasanya dibarengi dengan herbal atau terapi (lainnya),” jelas dokter Aryprana.

Baca Juga: Menjaga Siklus Menstruasi Teratur dan Sehat Dengan Traditional Chinese Medicine (TCM)