Find Us On Social Media :

Menkes: 13 Persen Masyarakat Indonesia Penyandang Diabetes, Efek Minuman Manis?

Menteri Budi Gunadi menyoroti jumlah penderita diabetes di Indonesia yang mengalami peningkatan.

GridHEALTH.idDiabetes, penyakit yang bertahan seumur hidup dan disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi.

Penyandang diabetes mengalami resistensi insulin, yang menyebabkan gula darah tidak digunakan dengan baik, misalnya untuk meningkatkan energi.

Jika dulu diabetes identik sebagai penyakit orang tua atau lansia, nyatanya saat ini banyak juga anak muda yang sudah terkena diabetes.

Menteri Kesehatan menyebutkan, belakangan tren penyandang diabetes di Indonesia mengalami peningkatan.

Dari seluruh masyarakat Indonesia, 13 persen di antaranya merupakan penderita diabetes.

“Diabetes di Indonesia tuh naik tinggi dari tahun ke tahun. Terakhir saya lihat, 13 persen dari penduduk Indonesia itu diabetes,” kata Budi Gunadi di Kompleks Parlemen, Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Senin (26/9/2022).

Lebih lanjut, Budi Gunadi juga mengatakan bahwa seorang penderita diabetes memiliki risiko mengidap penyakit yang lainnya, karena ini merupakan ibu dari segala penyakit.

“Jadi kalau diabetesnya lama, dia bisa menjadi penyebab penyakit ginjal, cuci darah, stroke, jantung, dan banyak penyakit tidak menular lainnya,” ujarnya.

Minuman manis penyebab penderita diabetes naik?

Belakangan minuman manis menjadi sorotan, setelah sebuah brand melayangkan somasi kepada seorang netizen yang menyebutkan kadar gula dari minuman tersebut yang terlalu tinggi.

Meski mengaku belum melihat beritanya, tapi Budi Gunadi menyebutkan minuman dengan kadar gula yang tinggi memang berpotensi menyebabkan diabetes.

Baca Juga: Rutin Minum Susu dan Produk Olahannya, Risiko Diabetes Tipe 2 Turun 10 Persen