Find Us On Social Media :

Kenali Gejala Awal, dan Ciri-ciri Kutil Kelamin yang Tidak Berbahaya, Tetap Harus Waspada

Kutil kelamin kebanyakan tidak berbahaya namun perlu diwaspadai.

GridHEALTH.id - Kutil kelamin biasanya berupa benjolan kecil berwarna kulit yang dapat tumbuh berkelompok di dalam dan di sekitar area genital, biasanya lunak, dan bisa rata atau menonjol.

Kutil itu sendiri adalah satu-satunya gejala yang menunjukkan bahwa kita memiliki infeksi kutil kelamin. Kutil akan muncul beberapa minggu atau bulan setelah kita terinfeksi.

Cara terbaik untuk menghindari kutil kelamin adalah dengan menghindari hubungan seks tanpa kondom dan tetap sehat karena tubuh kita terkadang dapat melawan infeksi itu sendiri.

Tidak semua benjolan genital adalah kutil sehingga membantu untuk mendapatkan penilaian dan mendapatkan rekomendasi pengobatan jika kita berpikir kita mungkin memilikinyaKutil kelamin datang dalam berbagai ukuran dan bentuk. Kita dapat mengenalinya dari gejalanya, tetapi yang terbaik adalah memiliki diagnosis profesional dari dokter.Bagaimana cara memeriksa tanda-tanda kutil kelamin?Satu-satunya gejala kutil kelamin adalah pertumbuhannya, yang berarti kita baru tahu bahwa kita terinfeksi setelah kita melihat salah satunya di kulit kita.

Mereka kadang-kadang dapat muncul di dalam alat kelamin kita dan mungkin sulit dikenali. Jika kita merasa telah terinfeksi, kita perlu berkonsultasi dengan dokter umum.Yang terbaik adalah mengenali dan mengobatinya sejak dini, untuk memastikan mereka tidak terus tumbuh dan menyebar.

Wanita harus mencari kutil di dalam atau di sekitar vulva dan selangkangan mereka. Pria harus memeriksa penis, skrotum, selangkangan dan paha mereka.

Seks oral dan anal dengan pasangan yang terinfeksi dapat menyebabkan kutil kelamin menyebar ke mulut (misalnya bibir, lidah, langit-langit), tenggorokan dan anus.Kutil kelamin datang dalam berbagai ukuran dan bentuk. Gejala umum kutil kelamin meliputi:

Baca Juga: Beragam Cara Menghilangkan Kutil Secara Cepat dan Aman, Cek di Sini!

Baca Juga: Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Coba Konsumsi Semangka Bagi Penyandang Hipertensi

- Benjolan kecil (hingga 2-3 mm) yang berwarna kulit dan sering tumbuh berkelompok membentuk semacam bentuk kembang kol

- Beberapa orang hanya memiliki satu atau dua kutil. Ketika pertumbuhan ini terletak langsung di area genital, mereka biasanya lembut saat disentuh dan dapat menonjol atau datar.

- Sebagian besar kutil kelamin muncul di daerah lembab (misalnya di dalam atau di sekitar vagina, anus atau selangkangan) dan tidak menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.