Find Us On Social Media :

Beragam Cara Menghilangkan Kutil Secara Cepat dan Aman, Cek di Sini!

Ada berbagai cara menghilangkan kutil secara cepat dan aman.

GridHEALTH.idKutil jinak, adalah pertumbuhan kulit kecil yang disebabkan oleh berbagai jenis human papillomavirus (HPV). Karena virus ini menginfeksi lapisan kulit atas, kutil tumbuh di epidermis.

Kutil umumnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, kutil tidak sedap dipandang dan terkadang terasa gatal atau sakit. Ini terutama berlaku untuk kutil di telapak kaki, yang membuat berjalan sangat menyakitkan.

Berbagai jenis kutil ini adalah kutil umum, kutil plantar, kutil datar, kutil filiformis, kutil kelamin, dan kutil periungualTerlepas dari jenisnya, menghilangkan kutil bisa menjadi tantangan yang menakutkan. Meskipun pertumbuhan kulit yang mengganggu ini biasanya hilang dengan sendirinya, mungkin perlu beberapa tahun. Beberapa kutil yang persisten tidak akan hilang dengan sendirinya.

Cara menghilangkan kutil secara cepat dan aman

Ada beragam tindakan pengobatan yang berbeda untuk kutil dan mereka merespons secara bervariasi. Untungnya, pilihan pengobatan yang paling efektif adalah invasif minimal. Di bawah ini, kita dapat melihat cara menghilangkan kutil secara cepat dan aman.

1. Pengobatan CantharidinBanyak dokter kulit, mengobati kutil dengan cantharidin. Itu karena bahan kimia ini dapat membakar kutil dengan cepat dan efektif. Selama perawatan ini, dokter kulit akan mengoleskan cantharidin pada kutil.Setelah mengecat kutil dengan cantharidin, dokter akan membalut area yang terkena. Bahan kimia ini membuat lepuh terbentuk di bawah setiap kutil. Setelah kulit di bagian atas lepuh mati, dokter akan dapat dengan mudah menghilangkan seluruh kutil.Sementara beberapa rasa sakit mungkin terlibat, sebagian besar orang tidak merasakan rasa sakit yang signifikan. Namun, kita akan mengalami lepuh kutil dalam waktu sekitar 4 sampai 7 jam.Kebanyakan pasien melihat hasilnya hanya dalam beberapa hari. Jika kutil tidak hilang setelah perawatan ini, kita mungkin perlu mempertimbangkan metode lain. Dokter akan menyarankan perawatan lain jika diperlukan.2. Krioterapi (pembekuan)

Baca Juga: Mengusir Kutil di Wajah dengan Cara Alami, Termasuk dengan Lakban, Cek di Sini!

Baca Juga: Ini 5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Untuk Mencegah Hipertensi

Cryotherapy, pembekuan dengan nitrogen cair, adalah pilihan pengobatan umum lainnya untuk kutil.

Dengan mengoleskan nitrogen cair ke kutil, suhu dingin yang ekstrem (yang bisa mencapai -321F) membakar kulit dan membekukan kutil. Ini juga dapat menyebabkan lepuh, kemerahan, dan sedikit ketidaknyamanan.Perlu dicatat bahwa ini membutuhkan beberapa kunjungan untuk menghilangkan kutil sepenuhnya. Dalam kebanyakan kasus, perlu untuk mengambil 3 atau 4 perawatan cryotherapy setiap 2 hingga 3 minggu.

Pilihan pengobatan ini biasanya sangat efektif. Tetapi jika tidak ada perbaikan, dokter mungkin akan merekomendasikan metode pengobatan lain.

3. Bedah listrik, kuratase dan bedah laserBedah listrik melibatkan pembakaran kutil dengan arus listrik. Setelah terbakar, dokter akan memotong semua kutil.