Find Us On Social Media :

Gejala dan Penyebab Penyakit Ginjal Pada Anak, Benarkah Karena Kurang Minum?

Ketahui penyebab dan gejala penyakit ginjal pada anak.

GridHEALTH.id - Ginjal memainkan peran penting dalam tubuh. Bertindak sebagai sistem penyaringan tubuh, mereka membantu mengontrol kadar air dan menghilangkan limbah melalui urin (kencing).

Ginjal juga membantu mengatur tekanan darah, produksi sel darah merah, dan kadar kalsium dan mineral.Namun terkadang ginjal tidak berkembang dengan baik dan akibatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Seringkali masalah ini bersifat genetik dan bukan karena apa pun yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh orangtua.

Banyak dari masalah ini dapat didiagnosis sebelum bayi lahir melalui tes pranatal rutin dan diobati dengan obat-obatan atau pembedahan saat anak masih kecil.

Masalah lain mungkin muncul kemudian, dengan gejala seperti infeksi saluran kemih (ISK), masalah pertumbuhan, atau tekanan darah tinggi (hipertensi).Dalam beberapa kasus, masalahnya bisa parah dan memerlukan perawatan bedah.

Bagaimana Ginjal Bekerja?Ginjal seperti sistem pengumpulan dan pembuangan sampah tubuh. Melalui unit mikroskopis yang disebut nefron, ginjal membuang produk limbah dan air ekstra dari makanan yang dimakan seseorang, mengembalikan bahan kimia yang dibutuhkan tubuh (seperti natrium, fosfor, dan kalium) kembali ke aliran darah.

Air ekstra bergabung dengan limbah lain untuk menjadi urin, yang mengalir melalui tabung tipis yang disebut ureter ke kandung kemih, di mana ia tetap sampai keluar melalui uretra (tabung yang membawa urin keluar dari tubuh dari kandung kemih) ketika seseorang pergi ke kamar mandi.Ginjal juga menghasilkan tiga hormon penting:

- Eritropoietin, yang merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah

- Renin, yang membantu mengatur tekanan darah

Baca Juga: Obat Hipertensi Bisa Merusak Ginjal? Kenali Cara Kerja Obat dan Merawat Ginjal dengan Benar

Baca Juga: Waspada, 2 Jenis Hipertensi Ini Ternyata Belum Banyak Diketahui

- Membentuk aktif vitamin D, yang membantu mengontrol keseimbangan kalsium dalam tubuh dan menjaga kesehatan tulang.Gagal ginjal, yang juga disebut gagal ginjal, adalah ketika ginjal melambat atau berhenti menyaring limbah dengan benar dari tubuh, yang dapat menyebabkan penumpukan produk limbah dan zat beracun dalam darah.

Gagal ginjal bisa akut (mendadak) atau kronis (terjadi seiring waktu dan biasanya berlangsung lama atau permanen).Cedera ginjal akut (kadang disebut gagal ginjal akut) mungkin disebabkan oleh infeksi bakteri, cedera, syok, gagal jantung, keracunan, atau overdosis obat. Perawatan termasuk memperbaiki masalah yang menyebabkan cedera ginjal dan, dalam beberapa kasus, dialisis .