Find Us On Social Media :

Belajar dari Tragedi Sepak Bola Kanjuruhan, Begini Mitigasi Bencana di Tempat Kerumunan

Belajar dari tragedi sepak bola Kanjuruhan, begini mitigasi bencana dan cara menjaga keselamatan saat di kerumunan.

GridHEALTH.id - Indonesia tengah berduka, setelah adanya tragedi yang menimpa persepakbolaan Indonesia di Kanjuruhan.

Tragedi ini terjadi pada Sabtu malam (01/10/2022), yang bermula dari adanya bentrok antar pendukung sepakbola, hingga penggunaan gas air mata yang dinilai tidak tepat oleh aparat.

Banyak yang menyayangkan dan berduka dengan adanya tragedi ini, di mana berdasarkan kabar terbaru Dinas Kesehatan Kabupaten Malang pada Minggu dini hari, korban terus bertambah hingga mencapai 182 orang.

Di mana dari 182 orang tersebut sebagian besar adalah anak di bawah usia 17 tahun dan masih banyak korban lainnya yang belum teridentifikasi.

Belajar dari tragedi sepak bola Kanjuruhan, masyarakat kembali diingatkan untuk memperhatikan langkah-langkah dan mitigasi keselamatan saat hendak berada di kerumunan.

Kejadian serupa dapat kembali terjadi, tidak hanya saat menonton pertandingan sepak bola, bisa juga saat menonton konser musik dan tempat ramai lainnya.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Berada di Keramaian

Merangkum dari Global Rescue, setidaknya ada 4 hal yang perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan di dalam kerumunan, yaitu:

1. Lakukan persiapan sejak sebelum berangkat

Pekerjaan rumah yang dimaksud adalah persiapan diri sebelum berada di kerumunan.

Pastikan setiap orang mengenali area stadion, area konser, atau tempat lainnya yang akan dikunjungi, mulai dari jalur evakuasi, kententuan sebelum masuk arena, hingga hal yang tidak diizinkan untuk dibawa masuk.

Baca Juga: Tragedi Sepak Bola Indonesia, Berawal dari Gas Air Mata, 7 Dampak Buruk Kesehatan dari Gas Air Mata