Find Us On Social Media :

5 Kategori Tekanan Darah Orang Dewasa dan Krisis Hipertensi yang Perlu Diketahui

Tekanan darah terlalu tinggi dapat menimbulkan krisis hipertensi yang membahayakan jiwa.

GridHEALTH.id - Tekanan darah adalah kekuatan yang mendorong darah melalui arteri saat jantung memompa, mengantarkan oksigen dan nutrisi ke organ dan jaringan di seluruh tubuh. Pembacaan tekanan darah normal sangat penting agar organ kita bekerja dengan baik dan menghindari kerusakan.

Tekanan darah dapat berubah tergantung pada usia, kondisi kesehatan dan faktor gaya hidup lainnya.

Mengawasi angka-angka ini penting karena ketika tekanan daraah naik atau turun dengan cepat atau tetap tinggi atau rendah untuk waktu yang lama,  itu bisa menjadi tanda kesehatan yang buruk dan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk peningkatan risiko penyakit jantung dan kematian dini.

Salah satu cara untuk dengan mudah mengawasi tekanan darah adalah dengan monitor tekanan darah di rumah.

Namun, meskipun banyak monitor di rumah memiliki fitur yang memudahkan untuk menafsirkan pembacaan kita, penting untuk memahami apa arti angka tekanan darah,  dan mana yang menunjukkan pembacaan normal versus tinggi.

Apa Arti Angka Tekanan Darah?

Pembacaan tekanan darah memiliki dua angka: angka atas, yang disebut tekanan darah sistolik, dan angka bawah, yang disebut tekanan darah diastolik.

- Tekanan darah sistolik

Tekanan darah sistolik mengukur seberapa besar tekanan yang diberikan darah  terhadap dinding arteri.

“Tekanan di dalam arteri kita berubah dengan setiap detak jantung,” kata Ian Del Conde Pozzi, M.D., seorang ahli jantung dan spesialis kedokteran vaskular di Miami Cardiac & Vascular Institute di Amerika Serikat.

Ketika jantung berkontraksi, ia memompa darah ekstra ke dalam sistem peredaran darah, meningkatkan tekanan. Peningkatan itu diukur dengan tekanan darah sistolik.

- Tekanan darah diastolik