Find Us On Social Media :

Waspada Penyakit Mata Pada Bayi Prematur, Mengalami Gejala Berikut

Penyakit mata pada bayi prematur mengancam si kecil kehilangan kemampuan melihat.

GridHEALTH.idBayi prematur atau lahir sebelum usia 37 minggu kehamilan, mempunyai risiko mengalami masalah kesehatan, salah satunya penyakit mata.

Seorang ibu melahirkan bayinya lebih awal dari usia kandungan dipicu oleh banyak faktor, seperti ada masalah pada jalan lahir, merokok, mengalami stres berat, hingga pengaruh kondisi medis tekanan darah tinggi atau diabetes.

Penyakit mata pada bayi prematur

Bayi prematur dibandingkan yang lainnya, rata-rata memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Beberapa bahkan harus menjalani perawatan dulu di NICU (ruang intensif bayi baru lahir).

Gangguan penglihatan yang kerap kali dialami oleh para bayi prematur adalah retinopathy of prematurity (ROP).

Apa yang menyebabkan penyakit mata pada bayi prematur? Menurut National Eye Institute, normalnya pada janin pembuluh darah retina terbentuk saat memasuki usia empat bulan dan selesai pada 9 bulan.

Namun, karena lahir pada usia kandungan yang belum cukup, maka pembentukan pembuluh darah di retina pun terjadi secara tidak sempurna.

Inilah yang menjadi penyebab penyakit mata. Pembuluh darah akan tumbuh pada arah yang salah, sehingga mengakibatkan retina tertarik ke belakang.

Gejala penyakit mata pada bayi prematur

Sebenarnya, tidak ada tanda-tanda pasti dari masalah mata yang dialami oleh bayi yang lahir lebih awal.

Namun, orangtua bisa memperhatikan mata anak apakah mengalami kondisi berikut, untuk memastikan si kecil mengidap retinopathy of prematurity atau tidak.

Baca Juga: 7 Jenis Penyakit Mata yang Sering Dialami Anak, Juling Salah Satunya