Find Us On Social Media :

Proses Bilogis Penuaan Manusia, Seperti Inilah Rupa Lady Diana hingga Michael Jackson Jika Saat Ini Masih Hidup

Lady Diana, jika saat ini masih hudp, kurang lebih penampilannya akan seperti ini.

GridHEALTH.id - Dalam hidup ini salah satu kepastian yang akan terjadi adalah menua atau menjadi tua.

Ya, seiring berjalannya waktu, seiring bergantinya tahun, seiring kita sering diucapkan selamat ulang tahun, maka saat itu kita artinya bertambah tua dan semakin dekat dengan kepastian lainnya bagi manusia, yaitu kematian.

Jadi setiap ulang tahun, setiap usia kita secara angka bertambah banyak, aryinya kita semakin tua, dan kontrak hidup di dunia semakin mendekati akhir.

Karenanya momen ulang tahun, harusnya dijadikan momentum untuk instropeksi diri dan start menjadi jauh lebih baik, juga semakin mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta yang Esa, Allah SWT.

Proses Penuaan Manusia

Baca Juga: 3 Artis ini Ternyata Punya Riwayat Asma, Pentingnya Mengetahui Beberapa Resiko Pemicu Sesak Napas Kembali Kambuh

Proses penuaan (aging process) merupakan suatu proses yang alami, ditandai dengan adanya penurunan atau perubahan kondisi fisik, psikologis maupun sosial dalam berinteraksi dengan orang lain.Penuaan adalah suatu proses yang mengubah seorang dewasa sehat, menjadi seorang yang frail dengan berkurangnya sebagian besar cadangan sistem fisiologis dan meningkatnya kerentanan terhadap berbagai penyakit, juga kematian.

Pada lanjut usia, individu mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun mental, khususnya kemunduran dalam berbagai fungsi dan kemampuan yang pernah dimilikinya.

Penurunan tersebut mengenai berbagai sistem dalam tubuh seperti penurunan daya ingat, kelemahan otot, pendengaran, penglihatan, perasaan dan tampilan fisik yang berubah serta berbagai disfungsi biologis lainnya.

Untuk diketahui, secara biologis proses penuaan terjadi secara perlahan dan dibagimenjadi beberapa tahapan, antara lain, dilansir dari undip.ac.id, dari laporan penelitian yang dibuat oleh Tria Coresa;

Baca Juga: Healthy Move, Hari Jantung Sedunia 2022, Menkes Budi Gunadi Lakukan Senam Jantung dengan Medley Lagu Indonesia

1. Tahap Subklinik (Usia 25 – 35 tahun):