Find Us On Social Media :

Praktis Cara Cek Kadar Kolesterol di Rumah, Perhatikan 5 Langkah Ini

Cara cek kadar kolesterol secara mandiri di rumah harus dipastikan semua alat steril terlebih dulu.

GridHEALTH.id – Cek kadar kolesterol seharusnya memang rutin dilakukan, terlebih untuk orang yang mempunyai risiko tinggi mengalami penyakit kardiovaskular.

Menurut NHS, mengapa cek rutin perlu dilakukan, karena kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apapun pada penderitanya.

Kondisi ini hanya bisa diketahui, apabila orang tersebut melakukan tes kolesterol saja. Bukan melihat perubahan yang terjadi pada tubuh.

Bagi orang yang bertubuh sehat, waktu rekomendasi cek kadar kolesterol setiap 4 hingga 6 tahun sekali.

Sedangkan bagi orang dengan kondisi berat badan berlebih (obesitas), mempunyai riwayat serangan jantung, diabetes, atau ada anggota keluarga yang kolesterol tinggi, maka harus lebih sering cek.

Cek kolesterol di rumah

Namun, terkadang rutinitas ini luput dari ingatan, karena beberapa orang mungkin malas pergi ke laboratorium untuk melakukan cek kadar kolesterol.

Bila itu yang menjadi alasan tidak mengetahui apakah kolesterol tinggi atau tidak, saat ini sudah banyak di pasaran alat yang bisa digunakan untuk mengenceknya di rumah.

Hasilnya pun akan keluar hanya dalam hitungan menit saja, sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama.

Perangkat tes kolesterol di rumah ini, biasanya dilengkapi oleh lanset dan jarum untuk mengambil darah, serta strip tes.

Cara cek kadar kolesterol mandiri

Baca Juga: 5 Pola Makan Untuk Pengidap Kolesterol yang Sehat, Baik Dilakukan Sehari-hari!