Find Us On Social Media :

Aman dari Hipertensi, Berikut Tekanan Darah Normal Lansia Usia 70 Tahun

Iindividu di atas usia 60 angka idealnya di bawah 150/90 mmHg.

GridHEALTH.id - Menurut American Heart Association, pembacaan 130/80 mmHg atau lebih tinggi merupakan tekanan darah tinggi (High Blood Pressure), juga dikenal sebagai hipertensi. Hampir setengah dari orang dewasa di dunia memiliki tekanan darah tinggi, dan sekali berkembang, biasanya berlangsung seumur hidup.Tekanan darah tinggi disebut sebagai silent killer karena biasanya muncul tanpa gejala yang nyata.

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui bahwa mereka memilikinya sampai mereka mulai mengalami masalah serius dengan jantung, otak atau ginjal mereka. Kabar baiknya adalah bahwa pengobatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap terkendali.

Tekanan darah secara alami berfluktuasi sepanjang hari, tetapi paling rendah saat kita tidur. Itu juga bisa meningkat ketika kit bersemangat, gugup atau aktif.

Namun, untuk sebagian besar jam bangun, tekanan darah tetap relatif stabil dan harus lebih rendah dari 120/80 mmHg.

Tekanan darah 'ideal' untuk manulaPedoman di atas ditujukan untuk populasi umum, tetapi kebutuhan dan tolok ukur kesehatan orang dewasa yang lebih tua berbeda dari individu yang lebih muda dalam banyak hal karena tubuh kita berfungsi kurang efisien seiring bertambahnya usia.

Sementara 130/80 mmHg adalah ambang batas generik untuk memulai pengobatan BP, ada banyak ketidaksepakatan di antara para profesional medis mengenai ambang batas untuk orang dewasa yang lebih tua.

Usia, kelemahan, dan penyakit penyerta lainnya seperti diabetes dan penyakit ginjal kronis semakin memperumit masalah ini karena bisa mempengaruhi tekanan darah.

Sebuah lembaga yang mengurusi lansia di Amerika Serikat, JNC8 mengeluarkan pedoman tekanan darah baru untuk manula pada tahun 2014 yang merekomendasikan bahwa individu di atas usia 60 angka idealnya di bawah 150/90 mmHg. Bandingkan dengan angka ideal usia dewasa yang 120/80 mmHg.

Rekomendasi JNC 8 untuk pasien dari segala usia dengan diabetes atau penyakit ginjal kronis adalah bertujuan untuk pembacaan BP di bawah 140/90 mmHg. Ini bukan aturan yang keras dan cepat, karena kebutuhan kesehatan setiap manula adalah unik.Beberapa tahun setelah laporan JNC 8, American College of Cardiology (ACC) dan American Heart Association (AHA) menerbitkan Beyond the 2017 Guideline for the Prevention, Detection, Evaluation, and Management of High Blood Pressure in Adults.

Baca Juga: Mengenal Pengobatan Hipertensi Pada Lansia, Atasi Tekanan Darah Tinggi

Baca Juga: Penyebab dan Solusi Cara Mengatasi Rambut Rontok Selama Menyusui

Dalam laporan ini, ACC dan AHA menganjurkan pengobatan yang lebih agresif untuk hipertensi. Laporan ACC/AHA menyarankan pengobatan farmasi hipertensi untuk orang dewasa rawat jalan yang tidak dilembagakan berusia 65 tahun dan lebih tua yang memiliki tekanan darah sistolik rata-rata lebih dari 130 mmHg.