Find Us On Social Media :

Cara Menjaga Kesehatan Punggung dan Tulang Belakang, Mulailah Biasakan

Meditasi, salah satu cara menjaga kesehatan punggung dan tulang belakang, agar mendapatkan tulang sehat.

GridHEALTH.id - Tanpa disadari, punggung dan tulang belakang adalah bagian tubuh penting yang selalu mendukung aktivitas.

Seringkali, kesehatan punggung dan tulang belakang dilupakan dan tidak dianggap serius, selain itu sakit yang terkadang timbul di punggung ataupun tulang belakang acapkali disebut sebagai lelah atau nyeri biasa.

Padahal, lebih dari itu, kesehatan punggung dan tulang belakang perlu mendapat perhatian khusus mengingat fungsinya yang penting bagi aktivitas sehari-hari.

Masalah Tulang Sehat pada Punggung dan Tulang Belakang

Tulang belakang yang tidak sehat dengan otot yang lemah dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh, contohnya rasa sakit yang berkepanjangan, bahkan kecacatan.

Sebenanrya, struktur tulang belakang sangat fleksibel, terdiri dari tulang yang kuat, ligamen, otot besar, serta berbagai saraf yang sangat sensitif.

Bagian punggung dan tulang belakang juga merupakan bagian dari sistem saraf pusat, meliputi saraf komunikasi ke otak dan sumsum tulang belakang yang melindungi jaringan saraf otak dan mengontrol gerakan serta fungsi saraf tersebut.

Cara Menjaga Kesehatan Punggung dan Tulang Belakang

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan punggung dan tulang belakang, diantaranya adalah:

1. Mempertahankan postur tubuh yang baik

Hindari postur tubuh yang membungkuk, Dr. Kenneth Hansraj dari New York Spine Surgery & Rehabilitation Medicine, menyatakan bahwa membungkuk adalah penyebab 80% dari masalah tulang belakang dan punggung.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tulang Dengan Rutin Lakukan Berenang