Find Us On Social Media :

Pilihan Obat Tradisional Tanpa Bahan Kimia Untuk Atasi Biduran

Cara mengobati biduran secara alami yang ampuh ketika kondisi ini kambuh.

GridHEALTH.id - Biduran adalah gatal-gatal yang merupakan reaksi alergi yang berupa benjolan merah gatal atau bekas pada kulit.

Gangguan kulit ini adalah hasil dari sel yang melepaskan histamin, zat kimia yang membuat pembuluh darah mengeluarkan cairan ke lapisan terdalam kulit.Biduran dapat disebabkan oleh sinar matahari, panas, dingin, tekanan, stres, infeksi virus, atau obat-obatan.

Sebutkan apa saja yang dapat menyebabkan alergi, dan juga dapat menyebabkan gatal-gatal, termasuk serbuk sari, debu, bulu, tungau debu, kerang, dan makanan lainnya.Pil antihistamin sederhana dapat membantu mengurangi reaksi alergi yang menyebabkan gatal-gatal. Pilih salah satu obat yang tidak menyebabkan kantuk.

Sementara kita membiarkan obat dokter bekerja, cobalah pengobatan rumahan yang praktis di bawah ini untuk bantuan tambahan dari luar.

- Untuk lebih menghilangkan rasa gatal, tambahkan oatmeal koloid ke dalam air mandi dan rendam selama 10 hingga 15 menit. (Hati-hati saat keluar dari bak mandi, oatmeal yang digiling halus ternyata licin.)

- Oleskan bilur dengan losion kalamin atau witch hazel. Astringen ini membantu mengecilkan pembuluh darah, sehingga tidak banyak mengeluarkan histamin.

Alternatif untuk lotion kalamin adalah susu magnesium atau Pepto-Bismol. Karena bersifat basa, mereka membantu meredakan gatal.

- Dalam cangkir kecil, tambahkan beberapa tetes air ke soda kue dan aduk sampai kita mendapatkan pasta. Oleskan pasta pada gatal-gatal untuk membantu menghentikan iritasi dan mengurangi rasa gatal.

- Jika memiliki krim tartar di lemari dapur mungkin itu yang kita butuhkan untuk meredakan gatal-gatal. Buat pasta seperti di atas dan aplikasikan.

- Campurkan 1 sendok teh cuka apa pun dengan 1 sendok makan air hangat dan oleskan campuran tersebut ke gatal-gatal dengan bola kapas atau tisu untuk meredakan gatal.

Baca Juga: Penyebab Biduran Kambuh di Malam Hari Selain Akibat Suhu Dingin

- Ahli herbal merekomendasikan jelatang sebagai alternatif antihistamin. Ambil hingga enam kapsul 400 miligram sehari.