Find Us On Social Media :

Penyebab Biduran Kambuh di Malam Hari Selain Akibat Suhu Dingin

Terpapar suhu dingin bisa menimbulkan biduran yang disebut urtikaria dingin.

GridHEALTH.id - Biduran atau urtikaria (gatal-gatal), bisa muncul di malam hari akibat suhu dingin. Disebut juga urtikaria dingin.

Urtikaria dingin adalah kondisi alergi yang menyebabkan ruam merah dan gatal pada kulit setelah terpapar dingin.

Jika memiliki kondisi ini, kita mungkin melihat reaksi kulit sekitar lima sampai sepuluh menit setelah ersentuhan dengan air dingin atau cuaca. Reaksi dapat berlangsung dari satu hingga dua jam.Ada dua jenis urtikaria dingin:

- Urtikaria dingin yang didapat atau esensial. Pada urtikaria dingin yang didapat, gejala mulai muncul setelah dua hingga lima menit dipicu. Gejala berlangsung sekitar satu atau dua jam sebelum sembuh.

- Urtikaria dingin herediter atau familial. Di sini, gejala mungkin mulai terlihat 24 hingga 48 jam setelah dipicu. Gejala urtikaria jenis ini biasanya berlangsung selama 24 jam tetapi dapat berlangsung hingga 48 jam.Gejala Urtikaria DinginPenting untuk dicatat bahwa urtikaria dingin dapat mempengaruhi orang secara berbeda. Individu mungkin memiliki gejala yang berbeda. Tetapi gejala biduran dingin yang paling umum meliputi:

- Ruam merah dan gatal setelah merasa kedinginan

- Anafilaksis (reaksi alergi)

- Pembengkakan di daerah yang terkena

- Sakit kepala atau pusing

Baca Juga: Selain Biduran Alias Cholinergic Urticaria yang Diderita V BTS, Ini 5 Penyakit ‘Biasa’ yang Nama Ilmiahnya Keren

Baca Juga: Healthy Move, Lakukan Berjalan Mundur di Treadmill Bila Menderita Nyeri Lutut

- Perasaan terbakar di daerah yang terkenaUrtikaria dingin mempengaruhi wanita lebih banyak daripada pria. Ini sebagian besar terjadi pada orang dewasa muda tetapi dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia.