Find Us On Social Media :

8 Jenis Obat-obatan Pemicu Kolesterol Tinggi, Wajib Diwaspadai

Daftar jenis-jenis obat pemicu kolesterol tinggi yang penggunaannya tidak bisa sembarangan.

GridHEALTH.id – Penyebab kolesterol tinggi yang selama ini diketahui secara umum adalah makanan, terutama yang kaya akan lemak jenuh.

Mengutip WebMD, tapi ternyata beberapa jenis obat juga bisa menjadi pemicu terjadinya lonjakan kadar kolesterol dalam darah.

Efek samping obat yang dikonsumsi memang merupakan hal yang wajar terjadi. Tapi, jika itu menyebabkan kenaikan kolesterol, maka perlu diwaspadai karena bisa berakibat serius.

Berikut ini adalah beberapa jenis obat pemicu kolesterol tinggi yang perlu hati-hati dalam penggunannya.

1. Steroid

Dilansir dari Everyday Health, jenis obat yang berisiko memicu terjadinya kondisi tersebut adalah steroid yang biasanya digunakan untuk menagatsi alergi dan asma.

Penelitian yang diterbitkan di Endotext pada 2018, menunjukkan kalau steroid yang dipakai dalam pengobatan asma, rheumatoid arthritis, dan gangguan pada dosis tertentu mengakibatkan peningkatan kolesterol total, kolesterol jahat, serta trigliserida.

2. Retinoid

Sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, siapa yang sangka kalau retinoid dapat memicu kolesterol tinggi.

Disebut sebagai obat pemicu kolesterol tinggi, karena mengandung vitamin A yang dapat menyebabkan gangguan pada hati yang bertanggungjawab memproduksi kolesterol secara alami.

Oleh karena itu, orang yang sempat menggunakan obat ini disarankan untuk mengecek kadar lipid, demi memastikan tidak ada lonjakan yang berbahaya.

Baca Juga: Rutin Makan Stroberi Efektif Turunkan Kolesterol Jahat, Tertarik Coba?