Find Us On Social Media :

Kenali Jenis Komplikasi Penyakit Ginjal Kronis, Tak Boleh Diabaikan!

Disfungsi seksual adalah salah satu bentuk komplikasi penyakit ginjal kronis yang perlu diwaspadai.

GridHEALTH.id - Penurunan fungsi ginjal secara perlahan bisa menimbulkan penyakit ginjal kronis (PGK), dimana terjadi kerusakan pada ginjal dan mereka tidak lagi menyaring darah sebagaimana mestinya.

Untuk diketahui, salah satu tugas ginjal adalah menyaring limbah dan cairan dari darah untuk menghasilkan urin. Ketika ginjal rusak, limbah dan cairan dapat menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.Penyakit ginjal kronis adalah kondisi umum. Orang dengan diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan riwayat keluarga CKD (chronic kidney disease) atau PGK lebih mungkin mengembangkan penyakit ini.

Penyakit ginjal kronis perlahan-lahan berkembang dari waktu ke waktu. Diagnosis dan pengobatan dini adalah kunci untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan melalui tahapan penyakit

Ada lima tahap penyakit ginjal kronis. Pada tahap 1 dan 2, kerusakan ginjal minimal, dan masih berfungsi dengan baik. Mungkin tidak ada gejala dan sedikit indikasi bahwa ada sesuatu yang salah, seperti protein dalam urin.Pada tahap 3, kerusakan pada ginjal telah berkembang, dan ginjal tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Gejala seperti kelelahan mungkin menjadi nyata. Dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup sehat, banyak orang tidak maju ke tahap 4 dan 5.Pada tahap 4 dan 5, kerusakan ginjal parah, dan ginjal hampir tidak berfungsi atau mungkin tidak berfungsi sama sekali.

Pada stadium 5, gagal ginjal total mungkin terjadi.2 Seiring dengan kemajuan pasien CKD melalui tahapan penyakit, komplikasi dapat muncul.Komplikasi Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan berbagai kondisi lain karena kemampuan ginjal untuk berfungsi dengan baik menurun. Berikut adalah berbagai komplikasi yang bisa timbul akibat penyakit ginjal kronis, menurut Kidney Care UK:

1. Retensi cairan

Baca Juga: Gejala Awal Penyakit Ginjal, Bisa Dirasakan Dari Cepat Lelah Hingga Hilang Konsentrasi

Baca Juga: Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Berujung Kebutaan, Skrining Dini Penglihatan Penting Bagi Penyandang Diabetes

Retensi cairan dapat menyebabkan pembengkakan di tangan dan kaki serta area tubuh lainnya.

Hal ini terjadi karena ketidakmampuan ginjal untuk menyaring kelebihan natrium dari tubuh, menyebabkannya menahan air. Pembengkakan dapat berdampak negatif pada kualitas hidup.