Find Us On Social Media :

Gejala Awal Penyakit Ginjal, Bisa Dirasakan Dari Cepat Lelah Hingga Hilang Konsentrasi

Cepat lelah, tanda awal gejala gangguan ginjal.

GridHEALTH.id -  Setiap orang terkadang merasa lelah. Kelelahan yang ekstrem dan terus-menerus, bersama dengan kekurangan energi, sering disebut kelelahan.

Jika ginjal  tidak bekerja dengan baik, racun (produk limbah) menumpuk di darah dan ini bisa membuat kita merasa lelah dan lemah. Kita mungkin merasa lebih lelah saat penyakit ginjal kronis berkembang.

Kerusakan ginjal juga dapat menyebabkan kekurangan sel darah merah, sehingga menyebabkan kita menjadi anemia. Jika anemia tidak diobati, dapat menyebabkan merasa lebih lelah dari biasanya dan kurang energi.

Jika menjalani hemodialisis, kita mungkin merasa sangat lelah setelah perawatan. Orang-orang menggambarkan ini sebagai perasaan 'terhanyut' atau 'terkuras'.

Ini dapat berlangsung selama beberapa jam setelah setiap sesi atau lebih lama lagi. Perasaan ini dapat meningkat seiring waktu karena tubuh  terbiasa dengan dialisis.

Kualitas tidur yang buruk juga dapat menyebabkan kelelahan, terutama jika memiliki masalah jatuh atau tetap tertidur atau jika tidur di siang hari.

Gatal sering terjadi pada penderita penyakit ginjal dan juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

Sejumlah kecil orang menderita kondisi yang disebut sleep apnea, ketika pernapasan  berhenti dan dimulai saat kita tidur.

Beberapa pasien ginjal mengeluhkan sindrom kaki gelisah. Ini adalah perasaan bahwa kaki  perlu terus bergerak. Ini sering terjadi ketika berbaring di tempat tidur di malam hari dan dapat mencegah orang untuk tidur nyenyak.

Merasa tertekan atau cemas juga bisa menyebabkan sulit tidur dan kelelahan. Misalnya, kita mungkin memiliki begitu banyak pikiran cemas atau khawatir yang membuat kita tetap terjaga di malam hari sehingga kita lelah di siang hari.Apa saja gejala kelelahan pada pasien ginjal?Kelelahan dapat mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Beberapa gejala yang umum adalah:

Baca Juga: Sederet Kebiasaan Buruk Penyebab Penyakit Ginjal yang Jarang Disadari

Baca Juga: Jenis Stadium dan Tingkatan Kanker Payudara, Apa Perbedaanya?