Find Us On Social Media :

Waspada Gejala Ginjal Pada Anak yang Tak Boleh Disepelekan

Kembali sering mengompol, salah satu gejala ginjal pada anak.

GridHEALTH.id - Penyakit ginjal sering tidak terdeteksi pada populasi umum, tetapi anak-anak dan remaja berada pada risiko yang lebih besar karena sifat penyebab penyakit dan ambiguitas gejala.

Pada orang dewasa, 90% kasus terkait dengan penyakit ginjal berbasis glomerulus yang disebabkan oleh diabetes, hipertensi, dan glomerulonefritis, yang membuat dokter mencurigai adanya penyakit ginjal.

Pada anak-anak, 70% CKD (chronic kidney disease/penyakit kronis ginjal) dikaitkan dengan penyakit tubulointerstitial dan tidak memiliki gejala yang jelas seperti hematuria (sel darah merah dalam urin), hipertensi (tekanan darah tinggi) atau edema (pembengkakan).

Menambah kesulitan ini, anak-anak mungkin tidak menyadari beberapa perubahan yang memengaruhi tubuh mereka dan tidak akan selalu memberi tahu orangtua mereka tentang potensi masalah.Indikator potensial penyakit ginjal anak adalah riwayat keluarga penyakit ginjal. Penyakit terkait genetik jauh lebih umum pada anak-anak daripada orang dewasa.

Penurunan cairan ketuban pada wanita hamil adalah gejala umum bahwa bayi mungkin memiliki penyakit ginjal polikistik. Jika ada riwayat keluarga penyakit ginjal, penting untuk memberi tahu dokter anak/dokter keluarga tentang kondisi genetiknya.

Gejala Ginjal Pada Anak-anak

-  Pembengkakan (bahkan ringan) pada tangan dan kaki dan/atau bengkak di sekitar mata yang disebabkan oleh penumpukan cairan berlebih, sampai pada titik di mana kemampuan anak untuk bergerak secara normal terganggu

-  Setelah pembengkakan awal, kaus kaki atau ikat pinggang dapat meninggalkan lekukan di kulit yang akan menetap

-  Kurangnya atau penurunan nafsu makan (pada anak-anak dengan ESRD/end stage renal disease), penyakit ginjal tahap akhir,  sangat penting untuk menjaga nafsu makan mereka karena kelayakan transplantasi sebagian didasarkan pada pertumbuhan)

- Penurunan atau peningkatan frekuensi buang air kecil

- Anak-anak yang biasanya dapat menggunakan toilet tanpa bantuan mungkin tiba-tiba mulai mengompol di malam hari

Baca Juga: 6 Penyakit Ginjal Pada Anak, Kenali Sejak Dini Penyebab dan Gejalanya