Find Us On Social Media :

Wanita Wajib Tahu, Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 4

Ciri kanker payudara pada stadium 4 patut diwaspadai dan segera ke dokter.

GridHEALTH.id - Menurut National Cancer Institute, diperkirakan 27 persen orang di Amerika Serikat hidup setidaknya 5 tahun setelah didiagnosis menderita kanker payudara stadium 4.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi umur panjang dan kualitas hidup. Subtipe yang berbeda dari kanker payudara berperilaku berbeda.

Beberapa lebih agresif daripada yang lain, dan beberapa memiliki pilihan pengobatan yang jauh lebih sedikit daripada yang lain. Karena alasan ini, subtipe  dapat memengaruhi pandangan kita tentang stadium kanker payudara.

Tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi juga terkait dengan luas dan lokasi metastasis. Dengan kata lain, pandangan jangka panjangmungkin lebih baik jika kanker hanya menyebar ke tulang daripada jika ditemukan di tulang dan paru.

Apa itu kanker payudara stadium 4?

Kanker payudara stadium 4 disebut juga kanker payudara metastatik atau kanker payudara stadium lanjut. Pada tahap ini, kanker yang berkembang di payudara kita telah menyebar ke area lain di tubuh Anda.

Sel kanker mungkin telah melakukan perjalanan melalui sistem limfatik ke paru, tulang, hati, otak, atau organ lainnya.

Stadium 4 adalah stadium kanker payudara yang paling serius dan mengancam nyawa. Paling sering, kanker payudara stadium 4 berkembang lama setelah seseorang pertama kali didiagnosis menderita kanker.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kanker mungkin telah berkembang ke stadium 4 pada saat seseorang pertama kali didiagnosis.

Menghadapi kanker payudara stadium 4 bisa jadi menantang. Tetapi mengikuti rencana perawatan yang direkomendasikan dokter dan mempraktikkan kebiasaan gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan hasil. Ini dapat secara signifikan meningkatkan umur  dan meningkatkan kualitas hidup. 

Jika diagnosis menyebutkan sudah stadium 4, penting untuk bekerja dengan ahli onkologi untuk mengembangkan rencana perawatan. Seorang ahli onkologi adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati kanker.

Baca Juga: Plant Based-Diet Mengutamakan Makanan Nabati Bisa Mengurangi Risiko Kanker Payudara, Studi