Find Us On Social Media :

Gangguan Ginjal Akut, Ketahui Penyebab dan Cara Menangani Pada Anak

Gangguan ginjal akut pada anak, gejalanya perlu diwaspadai orangtua.

GridHEALTH.id - Gangguan ginjal akut (accute kidney injury), juga dikenal sebagai gagal ginjal akut (ARF), adalah episode tiba-tiba gagal ginjal atau kerusakan ginjal yang terjadi dalam beberapa jam atau beberapa hari.

AKI menyebabkan penumpukan produk limbah dalam darah dan menyulitkan ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh.

AKI juga dapat mempengaruhi organ lain seperti otak, jantung, dan paru-paru. Cedera ginjal akut sering terjadi pada pasien yang dirawat di rumah sakit, di unit perawatan intensif, anak-anak, dan terutama pada orang dewasa yang lebih tua.Apa saja tanda dan gejala cedera ginjal akut?Tanda dan gejala cedera ginjal akut berbeda tergantung pada penyebabnya dan mungkin termasuk terlalu sedikit urin yang keluar dari tubuh, bengkak di kaki, pergelangan kaki, dan sekitar mata, kelelahan dan sesak napas.

Penderitanya biasanya juga kebingungan, sesak napas, mual, kejang atau koma pada kasus yang parah, dan nyeri dada atau tekanan.

Dalam beberapa kasus, AKI tidak menimbulkan gejala dan hanya ditemukan melalui tes lain yang dilakukan oleh dokter.

Apa yang menyebabkan cedera ginjal akut?Cedera ginjal akut dapat memiliki banyak penyebab yang berbeda. AKI dapat disebabkan oleh hal-hal beriku;

1. Aliran darah berkurang

2.  Beberapa penyakit dan kondisi dapat memperlambat aliran darah ke ginjal dan menyebabkan AKI.

Penyakit dan kondisi tersebut antara lain:

Baca Juga: Wanita Wajib Pelajari, Cara Deteksi Kanker Payudara Sendiri di Rumah

- Tekanan darah rendah (disebut "hipotensi") atau syok