Find Us On Social Media :

Healthy Move, Cuma Melakukan Aktivitas Ringan Seperti Naik Tangga Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Otak

Bahkan aktivitas ringan seperti naik tangga, dapat membantu menyehatkan otak.

GridHEALTH.id - Tak perlu lari berkilometer panjangnya hanya demi menjaga otak kita tetap sehat adalah motivator utama untuk bergerak, penelitian baru tentang efek neuroprotektif dari olahraga menunjukkan bahwa bahkan sejumlah kecil aktivitas fisik dapat membantu melindungi kita dari penurunan kognitif.

Temuan penelitian berasal dari Pusat Penyakit Neurodegeneratif Jerman di mana para peneliti memeriksa volume otak 2.550 orang berusia 30 hingga 94 tahun, dan menentukan bahwa area otak tertentu, termasuk hipokampus (alias pusat kendali memori), terlihat lebih besar pada mereka yang berolahraga.

"Volume otak yang lebih besar memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap neurodegenerasi daripada yang lebih kecil," Fabienne Fox, PhD, ahli saraf dan penulis utama studi ini, mengatakan kepada ScienceDaily.

Para peneliti menemukan benjolan terbesar dalam volume otak antara orang yang tidak aktif dan mereka yang cukup aktif, yang berarti bahwa melakukan beberapa aktivitas fisik versus tidak sama sekali dapat memiliki efek neuroprotektif yang signifikan.

Manfaat tersebut tidak begitu terasa pada orang yang sudah agak aktif dan hanya meningkatkan jumlah latihan mereka, artinya jika kita adalah orang yang sudah aktif, lebih banyak gerakan tidak berarti banyak untuk menggerakkan jarum.

"Kami memahami ini secara intuitif," kata Barry Gordon, MD, PhD, profesor neurologi dan direktur Divisi Neurologi Kognitif/Neuropsikologi di Johns Hopkins Medicine di Universitas John Hopkins di Amerika Serikat.

Temuan baru ini, bagaimanapun, membantu untuk lebih menegaskan apa yang sudah diyakini oleh ahli saraf.

"Penelitian menunjukkan bahwa olahraga, khususnya latihan aerobik, secara langsung meningkatkan kesehatan. Juga memberi kontribusi untuk otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak dan merangsang jalur biokimia yang menjaga integritas fungsional dan struktural neuron, "kata Gordon.

"Telah ditunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan ukuran otak. Meskipun tidak diketahui bagaimana tepatnya ini terjadi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat memulai pelepasan faktor pertumbuhan yang berpotensi meningkatkan volume otak."

Namun jika kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga, di bawah ini,  Gordon membagikan beberapa cara sederhana untuk mendapatkan lebih banyak gerakan dalam kehidupan sehari-hari demi kesehatan otak yang lebih baik.

"Karena orang-orang sangat sibuk dan tidak mau berolahraga, salah satu cara mudah adalah membuat tugas sehari-hari menjadi lebih aktif," kata Gordon.

Berikut adalah tipsnya untuk selalu bergerak setiap hari