Find Us On Social Media :

Angka Diabetes di Indonesia Masih tinggi, Terapkan Pola Hidup Sehat

Semakin tingginya kasus, mengetahui pola hidup penyandang diabetes jadi salah satu hal yang penting

GridHEALTH.id - Jangan sampai terlambat, pola hidup penderita diabetes penting untuk diperhatikan.

Pengidap diabetes di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat.

Diabetes Melitus (DM) adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin atau karena penggunaan yang tidak efektif dari produksi insulin.

Hal ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang paling tinggi kenaikan angka prevalensinya saat ini dan merupakan 10 besar penyebab kematian di dunia (WHO 2016).

Prevalensi penderitanya pun juga terus meningkat.

Di Indonesia, berdasarkan data Riskesdas tahun 2013 dan tahun 2018 menunjukkan bahwa tren prevalensi penyakit Diabetes Melitus di Indonesia meningkat dari 6,9% menjadi 8,5 %, prevalensi penyakit DM menurut diagnosa dokter meningkat dari 1,2% menjadi 2%.

Permasalahan yang ada saat ini sebagian besar karena penyandang diabetes ini tidak menyadari jika dirinya mengidap penyakit tersebut.

Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang akan mempengaruhi kualitas hidup dan dapat menyebabkan kematian.Sering kali, diabetes disebabkan oleh pola hidup tidak sehat dan faktor keturunan.

Apabila seseorang memiliki anggota keluarga dengan riwayat diabetes, maka peluang menderita diabetes baik tipe 1 dan tipe 2 pun tinggi.

Baca Juga: Apakah Bisa Disembuhkan? Bukan Hanya karena Diabetes, Banyak Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Glaukoma pada Mata

Tak perlu khawatir, pola hidup penyandang diabetes ini jadi salah satu hal penting untuk dilakukan.