Find Us On Social Media :

Trik Cepat dan Aman Menghilangkan Kapalan di Kaki Ala Rumahan

Rendam di air panas dan dengan batu apung, cara termudah menghilangkan kapalan di kaki.

GridHEALTH.id - Kaki kapalan membuat kulit di bagian telapak maupun tumit menjadi lebih tebal dan kerasa saat disentuh daripada biasanya.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapapun, mulai dari usia muda hingga dewasa. Umumnya ini bukanlah sebuah kondisi yang serius sehingga perlu dikhawatirkan.

Penyebab kaki kapalan

Penebalan kulit yang menjadi ciri khas kondisi ini, dipengaruhi oleh gesekan dan tekanan yang berlebih pada lapisan atasnya.

Dilansir dari Primaya Hospital, gesekan yang ditimbulkan membuat kulit bereaksi dengan membentuk lapisan pelindung berupa keratin yang keras.

Terdapat beberapa faktor yang memicu terjadinya kondisi ini. Misalnya saja ukuran alas kaki yang tidak pas, tidak memakai kaus kaki saat pakai sepatu, atau berjalan tanpa alas kaki.

Kaki kapalan juga bisa disebabkan oleh sering memakai sepatu hak tinggi, bersepeda, atau karena ada masalah kesehatan pada kaki.

Menghilangkan kapalan di kaki

Meskipun sebenarnya bukan kondisi yang berbahaya, tapi orang yang mengalaminya tentu merasa tidak nyaman. Apalagi jika ukurannya cukup besar.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan di kaki dengan cara yang sederhana di rumah berikut ini.

1. Rendam kaki di air hangat

Baca Juga: Pilihan Obat Salep Kaki Kapalan Terbaik dengan Harga Terbaru di Apotek