Find Us On Social Media :

Tanda-tanda Kanker Payudara Stadium Akhir yang Perlu Diketahui

Mengatahui tanda kanker payudara hingga stadium 4 membantu mendapatkan perawatan tepat.

GridHEALTH.id - Dokter biasanya mengkategorikan kanker payudara berdasarkan stadium, bernomor 0 sampai 4.

Pada tahap awal kanker, tumor biasanya terlalu kecil untuk dilihat atau dirasakan. Itu sebabnya dokter menyarankan mammogram dan jenis teknik skrining kanker lainnya. Mereka dapat mendeteksi tanda-tanda awal perubahan kanker.

Menurut National Cancer Institute, tahapan tersebut didefinisikan sebagai berikut:

Stadium 0: Ini adalah tanda peringatan pertama kanker. Mungkin ada sel abnormal di area tersebut, tetapi belum menyebar dan belum dapat dipastikan sebagai kanker.

Tahap 1: Ini adalah tahap paling awal dari kanker payudara. Tumor tidak lebih besar dari 2 sentimeter, meskipun beberapa kelompok kanker kecil mungkin ada di kelenjar getah bening.

Tahap 2: Ini menandakan bahwa kanker sudah mulai menyebar. Kanker mungkin di beberapa kelenjar getah bening, atau tumor payudara lebih besar dari 2 sentimeter.

Tahap 3: Dokter menganggap ini sebagai bentuk kanker payudara yang lebih lanjut. Tumor payudara mungkin besar atau kecil, dan mungkin telah menyebar ke dada dan/atau ke beberapa kelenjar getah bening. Terkadang kanker telah menyerang kulit payudara, menyebabkan peradangan atau borok kulit

Tahap 4: Kanker telah menyebar dari payudara ke area lain di tubuh.Kanker payudara stadium 4, juga disebut kanker payudara metastatik, dianggap sebagai stadium paling lanjut.

Pada tahap ini, kanker tidak lagi dapat disembuhkan karena telah menyebar ke luar payudara dan dapat mempengaruhi organ vital, seperti paru-paru atau otak.Bagi wanita yang mendapatkan diagnosis awal kanker payudara stadium 4, berikut ini adalah gejala paling umum yang kemungkinan akan terjadi;

1. Merasakan benjolan

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bekas Luka dengan Tepat Dalam Waktu Sebentar

Baca Juga: Pemeriksaan yang Direkomendasikan Untuk Mendeteksi Kanker Payudara