Find Us On Social Media :

Daftar 133 Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi, Tidak Ditemukan Cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

Obat sirup yang terdaftar di BPOM bebas dari empat bahan pelarut yang berkaitan dengan etilen glikol dan dietilen glikol.

GridHEALTH.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali merilis hasil pengawasan dan pengujian sampel obat sirup yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Kedua zat kimia tersebut, selama sepekan terakhir disebut-sebut dikaitkan dengan melonjaknya kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak-anak.

Terlebih kasus gangguan ginjal akut yang serupa terjadi di Gambia, Afrika Barat dan telah diketahui pemicunya adalah kedua kandungan zat tersebut pada obat sirup.

Sebagai langkah antisipasi kondisi tersebut, Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu melarang penjualan dan peresepan obat sirup.

BPOM menyatakan, EG maupun DEG berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan, tidak diperbolehkan digunakan dalam produk obat sirup untuk anak maupun dewasa.

"Sebagai langkah kehati-hatian, BPOM terus menelusuri cemaran kandungan EG dan DEG yang berasal dari bahan lain yang digunakan sebagai zat pelarut tambahan pada sirup obat," kata Penny K. Lukito, dalam konfrensi pers, Minggu (23/10/2022).

Dijelaskan lebih lanjut, cemaran kedua zat tersebut terjadi karena proses senyawa sintesis yang terjadi dalam proses yang berlangsung.

Tidak mungkin nol cemaran

Penny menegaskan, bahwa lembaga yang dikepalainya selalu menjalankan fungsinya dalam mengawasi produk selama sebelum dan setelah dijual di pasaran.

Proses pengawasan pre-market dan post market yang dijalankan pun telah disesuaikan dengan standar internasional.

"Pada saat pendaftaran, tidak boleh menggunakan bahan baku etilen glikol dan dietilen glikol," jelasnya.

Baca Juga: Dari 102 Obat Sirup yang Ditemukan di Rumah Pasien Gangguan Ginjal Akut, BPOM Nyatakan Ada Tiga yang Mengandung Cemaran