Find Us On Social Media :

Begini Cara Menghilangkan Biduran Pada Anak Agar Tidak Kambuh Lagi

Biduran pada anak, bisa diatasi dengan obat herbal dan perawatan medis.

GridHEALTH.idBiduran adalah area kulit yang sangat gatal, berubah warna, dan terlihat sedikit menonjol.

Biduran dapat berupa area yang berkumpul, atau tersebar. Mereka dapat terjadi di mana saja di tubuh. Biduran biasanya memiliki pemicu, baik alergi maupun non-alergi. 

Biduran mungkin memiliki warna yang sama dengan kulit di sekitarnya atau mungkin memiliki rona kemerahan. Perubahan warna ini mungkin kurang terlihat pada warna kulit yang lebih gelap.

Meskipun gejala gatal-gatal bisa sangat menjengkelkan sehingga membuat anak menjadi rewel, ada banyak cara untuk mengobati, menenangkan, dan bahkan menghilangkannya. 

1. Pengobatan rumahan/alami

- Menerapkan kompres dingin: Kita dapat menempelkan kain dingin dan lembab ke area yang terkena. Ini dapat meredakan rasa gatal dan membantu mengurangi peradangan.Kita dapat menggunakannya sesering mungkin.

- Mandi dalam larutan anti-gatal: Mandi oatmeal dan soda kue dapat menenangkan kulit dan mengurangi iritasi. Menambahkan witch hazel ke bak mandi adalah obat rumah lain yang efektif.

- Menggunakan lidah buaya :  Sifat penyembuhan lidah buaya dapat menenangkan dan mengurangi gatal-gatal. Namun, disarankan untuk melakukan tes kulit sebelum mengoleskan lidah buaya ke seluruh area yang terkena.

- Menghindari iritasi: Ini termasuk parfum, sabun wangi atau pelembab, dan menghindari sinar matahari. Seseorang juga harus tetap tenang dan mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman. 

- Mengonsumsi vitamin D : Beberapa orang dengan gatal-gatal kronis telah melaporkan mengurangi gejala saat mengonsumsi suplemen vitamin D.

2. Perawatan medis

Dalam kasus gatal-gatal yang lebih parah, perawatan medis mungkin lebih disukai. Beberapa opsi over-the-counter meliputi: