Find Us On Social Media :

Begini 6 Cara Menjaga Kesehatan Tulang di Usia Tua, Catat Ya!

Begini cara menjaga kesehatan tulang usia tua yang bisa dilakukan untuk menjaga osteoporosis.

 

GridHEALTH.id - Bicara mengenai penuaan, maka salah satu yang tidak terlepaskan adalah risiko terjadinya osteoporosis, akibat dari kualitas tulang sehat yang mulai menurun.

Meski dengan gaya hidup yang sudah lebih modern, kini osteoporosis sudah tidak lagi identik dengan lanjut usia, tetapi bisa dialami oleh anak muda sekalipun.

Oleh karena itu, pentingnya menjaga kesehatan tulang usia tua sudah perlu dimulai sejak dini, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan tulang usia tua.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Usia Tua

Data dari Riskesdas menyebutkan bahwa diperkirakan di masa yang akan datang akan ada peningkatan osteoporosis yang dialami, berkisar satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria.

Menjaga kesehatan tulang usia tua pun menjadi penting, karena berkurangnya massa tulang seiring usia bertambah adalah satu hal yang pasti.

"Ada faktor bertambahnya usia yang tidak bisa dimodifikasi, ketika bertambah usia, massa ototnya semakin melemah dan massa tulangnya akan berkurang," kata dr. Antonius Andi Kurniawan, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga kepada GridHEALTH.id saat ditemui dalam acara Entrasol bersama PERWATUSI (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) dengan tema Indonesia Bergerak: Tulang Kuat, Jantung Sehat pada Minggu (23/10/2022).

Dokter Antonius Andi Kurniawan, SpKO menyebutkan jika seseorang memiliki massa tulang yang berkurang dan diiringi dengan otot yang lemah, maka akan membuat seseorang termasuk lansia menjadi mudah jatuh.

Hal ini perlu dihindari agar lansia dapat memperlambat terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang yang menyebabkan tulang mudah patah.

6 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Usia Tua

Menjaga kesehatan tulang usia tua memiliki beragam cara, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut pakar:

Baca Juga: Kekurangan Kalsium, 19,7% Masyarakat Indonesia Terkena Osteoporosis