Find Us On Social Media :

Anak Mulai Kembali ke Sekolah, Ini 5 Waktu Cuci Tangan yang Penting Diterapkan

Ajarkan anak menerapkan cuci tangan pakai sabun dalam 5 waktu penting cuci tangan, sebagai bentuk penerapan PHBS dan menghindari penyakit saat anak kembali ke sekolah.

GridHEALTH.id - Menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh masyarakat, termasuk anak-anak.

Kebiasaan ini sudah harus dibangun sejak dini untuk melatih anak membiasakan diri menerapkan PHBS, di tengah kondisi berbagai penyakit baru yang mengintai.

Terlebih, setelah masyarakat kembali pelan-pelan bangkit dari pandemi Covid-19, maka aktivitas sosial pun kembali berjalan, termasuk anak yang mulai kembali ke sekolah.

Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Berdasarkan laman promkes.kemkes.go.id dikatakan bahwa PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Tujuan dari penerapan PHBS adalah masyarakat diharapkan bisa memulai langkah hidup sehat dimulai dari diri sendiri dan berlanjut ke lingkungan sekitar hingga masyarakat luas, sehingga kualitas perilaku sehari-hari masyarakat dapat lebih bersih dan sehat.

Dengan mengetahui sikap-sikap perilaku hidup bersih dan sehat maka diharapkan masyarakat dapat menerapkannya masing-masing, setidaknya ada 5 tempat yang memerlukan penerapan PHBS ini, mulai dari di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, sarana kesehatan, dan tempat umum.

Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Penerapan PHBS di sekolah ini merupakan kegiatan yang mengajak partisipasi guru, siswa, dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat.

Pentingnya PHBS ini adalah bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sehingga meningkatkan proses belajar mengajar dan para siswa, guru, hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat.

Contoh dari PHBS di sekolah adalah cuci tangan dengan sabun (CTPS), konsumsi jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olahraga yang teratur, berantas jentik nyamuk, tidak merokok di lingkungan sekolah, buang sampah pada tempatnya, kerja bakti bersama warga lingkungan sekolah, dan lainnya.

Baca Juga: Ancaman Varian Baru Covid-19 Masih Terus Ada, Dokter Erlina Burhan Meminta Masyarakat Hidup Berdampingan