Find Us On Social Media :

Mengalami Kaki Kapalan Karena Diabetes, Bagaimana Mengobatinya?

Kenali gejala, penyebab, dan cara mengobati kaki kapalan karena diabetes.

GridHEALTH.id - Sudah menjadi rahasia umum bahwa diabetes adalah salah satu penyakit mematikan di dunia dan banyak menyerang masyarakat.

Dikenal sebagai ibu dari segala macam penyakit, diabetes juga bisa menyebabkan gangguan pada kaki, salah satunya adalah kaki kapalan karena diabetes.

Mari simak ulasan mengenai kaki kapalan karena diabetes dan masalah kaki lainnya hingga cara mengobati kaki kapalan berikut ini.

Komplikasi pada Kaki Akibat Diabetes

Efek diabetes pada kesehatan kaki berdasarkan penjelasan dari niddk.nih.gov, yaitu:

1. Membuat kehilangan rasa pada kaki

Dalam niddk.nih.gov dijelaskan bahwa diabetes seiring waktu dapat menyebabkan kerusakan saraf (neuropati diabetik), diawali dengan kesemutan dan nyeri hingga kehilangan rasa pada kaki.

Akibatnya adalah saat kehilangan rasa pada kaki, dapat membuat seseorang tidak menyadari adanya luka, yang mana luka ini jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi.

2. Menurunkan jumlah aliran darah kaki

Saat darah tidak cukup mengalir, maka akan mempersulit penyembuhan luka atau infeksi bila terjadi, jika infeksi tidak juga sembuh, hasilnya dapat menyebabkan gangren.

Gangren yang tidak kunjung membaik akan menyebabkan jari kaki atau bagian kaki yang luka ini dapat diamputasi, tujuannya untuk mencegah infeksi buruk menyebar ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Trik Cepat dan Aman Menghilangkan Kapalan di Kaki Ala Rumahan