Find Us On Social Media :

Unilever Tarik Produk Dry Shampoo yang Mengandung Pemicu Kanker, BPOM Tegaskan Tak Ada di Indonesia

Efek samping paparan benzena menyebabkan iritasi kulit hingga kanker darah.

GridHEALTH.id - Unilever Amerika Serikat melakukan penarikan terhadap 19 produk sampo yang sebelumnya dijual secara bebasa di pasaran.

Diketahui, hal tersebut dilakukan karena dalam produk sampo tersebut terdapat kandungan benzena yang cukup tinggi.

Melansir TODAY, Selasa (25/10/2022), Unilever secara rinci membagikan daftar sampo yang ditarik di situs Food and Drug Administration.

Berdasarkan pengumuman itu, disebutkan bahwa produk sampo kering atau dry shampoo yang ditarik dibuat sebelum Oktober 2021.

Hasil penyelidikan internal

Penarikan dilakukan setelah Unilever melakukan penyelidikan secara mandiri dan menemukan bahwa terdapat propelan aerosol yang merupakan sumber benzena.

Di antara 19 produk sampo kering alias dry shampoo yang ditarik yakni Dove Dry Shampoo Volume and Fullness dan TRESemme Dry Shampoo Fresh and Clean.

Tindakan penarikan dilakukan oleh Unilever sejak 18 Oktober 2022 di seluruh retail yang berada di Amerika Serikat.

Apa itu Benzena?

Benzena adalah sebuah bahan kimia di udara yang tidak memiliki warna atau cairan kuning muda apabila berdada di suhu kamar. Senyawa ini mempunyai beraroma manis dan mudah terbakar.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), di dalam ruangan senyawa tersebut bisa berasal dari produk yang mengandung benzena seperti lem, cat, lilin furnitiru, dan deterjen.

Baca Juga: Artis Senior ini Meninggal Dunia Setelah Berjuang Lawan Kanker Usus, Makanan Enak ini Bisa Jadi Pemicu