Find Us On Social Media :

Tak Perlu Langsung Kasih Obat, Coba Cara Tradisional Berikut Untuk Atasi Kaki Kapalan

Kaki kapalan, berikut ini cara tradisional menghilangkan kapalan yang bisa dicoba di rumah.

GridHEALTH.id - Memiliki kaki mulus menjadi kedambaan banyak orang, khususnya pada wanita, sehingga membuat semakin percaya diri.

Akan tetapi, tetap ada permasalahan pada kaki yang seringkali terjadi, seperti kaki kapalan, yang terkadang disepelekan namun dapat menyebabkan masalah lain. Berikut ini ulasan mengenai cara tradisional menghilangkan kapalan, simak ulasannya.

Apa Itu Kaki Kapalan?

Kapalan dikenal juga dengan sebutan kalus, yaitu kondisi yang mengacu pada bagian kulit yang mengeras dan menebal, karena gesekan, tekanan, atau iritasi.

Umumnya memang terjadi pada kaki, namun bisa juga terjadi di tangan, siku, atau lutut dengan bentuk berwarna kekuningan atau pucat.

Khusus pada kaki, biasanya kapalan terbentuk di bawah jari kaki, tumit, dan area kulit yang membebani seseorang saat berjalan.

Saat disentuh biasanya terasa kenyal, tetapi kurang sensitif dengan sentuhan karena penebalan kulit tersebut dibandingkan dengan kulit yang sekitarnya.

Penyebab Kaki Kapalan

Kaki kapalan bisa terbentuk karena disebabkan oleh adanya tekanan dan gesekan yang berlebihan, dengan beberapa faktor yang secara langsung bisa mempengaruhi tingkat tekanan.

Faktor tersebut seperti struktur kaki dan tulang, kurangnya kulit untuk orang yang tulangnya terlalu menonjol, penahanan beban yang terlalu lama, karena adanya kekuatan dan tekanan yang konsisten sehingga terbentuk kapalan.

Gaya berjalan dan berlari, jenis penggunaan alas kaki, kesalahan penggunaan sepatu, sehingga menimbulkan gesekan dan tekanan yang lebih besar dan berisiko menyebabkan kapalan.

Baca Juga: Mengalami Kaki Kapalan Karena Diabetes, Bagaimana Mengobatinya?