Find Us On Social Media :

Jadi Kelompok Rentan, Puluhan Ribu Masker Didonasikan Untuk Jaga Orang Dengan Kanker Payudara

Orang dengan kanker payudara dan penyintas menjadi kelompok rentan yang harus dilindungi di tengah pandemi Covid-19, salah satunya dengan pemakaian masker.

GridHEALTH.id - Setiap bulan Oktober menjadi bulan yang diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara di seluruh dunia.

Kesadaran dan kepedulian seseorang, khususnya wanita terkait risiko kanker payudara ini perlu ditingkatkan mengingat kasus dan risikonya yang tinggi.

Terlebih hingga saat ini pandemi Covid-19 belum bisa dinyatakan usai, sehingga orang dengan kanker payudara sebagai kelompok rentan harus dilindungi.

Kanker Payudara, Jadi Nomor 1 di Indonesia

Data dari Kemenkes RI disebutkan bahwa kanker payudara menjadi penyebab utama kematian akibat kanker di Indonesia dan menempati urutan pertama penyakit kanker.

Tahun 2020, kasus baru kanker payudara di Indonesia mencapai 65.858 dari total 396.914 kasus baru kanker seluruhnya, berdasarkan data dari Globocan.

Selain itu Globacan juga menyebutkan ada 22.430 jiwa jumlah kematian kanker payudara pada tahun 2020.

Dengan gaya hidup masyarakat yang semakin modern dan seringkali melupakan gaya hidup sehat, maka akan berisiko terjadinya peningkatan kasus setiap tahunnya.

Menjaga Penyintas dan Orang Dengan Kanker Payudara dari Covid-19

Baik orang dengan kanker payudara maupun penyintas payudara adalah bagian dari kelompok rentan karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Di tengah situasi pandemi yang belum usai, orang dengan kanker payudara ataupun penyintas masuk dalam golongan kelompok rentan. 

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara dengan Obat Alami Bawang Putih, Ketahui Manfaatnya