Find Us On Social Media :

Penggunaan Ideal Garam Bagi Penderita Hipertensi, Simak Penjelasannya di Sini!

Jumlah garam yang disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi tidak lebih dari 1500 miligram sehari.

GridHEALTH.id - Garam (natrium) sangat penting bagi tubuh kita. Biasanya ginjal mengontrol kadar garam. Jika kita mengonsumsi terlalu banyak garam, ginjal akan membuangnya ke dalam urin.

Namun ketika kadar asupan garam kita sangat tinggi, ginjal mungkin tidak bisa mengimbanginya, dan garam bisa tetap berada di dalam tubuh.Garam menarik air untuk menyeimbangkan konsentrasi dalam darah. Ketika ada terlalu banyak garam dalam darah, garam menarik lebih banyak air ke dalam darah. Lebih banyak air meningkatkan volume darah, yang meningkatkan tekanan darah.Tekanan darah mengacu pada jumlah tekanan pada dinding arteri. Ibaratnya seperti selang tanaman, saat air mati, tidak ada tekanan pada dinding selang.

Saat air berada di tengah jalan, ada beberapa tekanan pada dinding selang. Ketika air penuh, ada lebih banyak tekanan pada dinding selang.Tubuh kita mengontrol tekanan di arteri menggunakan sistem regulator yang kompleks termasuk jantung, ginjal, enzim, hormon, dan sistem saraf.Tekanan darah selalu menyesuaikan, berdasarkan tingkat aktivitas, tingkat stres, waktu, dan bahkan posisi tubuh.

Faktor gaya hidup seperti alkohol, kafein, makanan, tembakau (merokok), dan stres juga dapat mengubah tekanan darah.Jika salah satu angka dalam pengukuran tekanan darahl ebih tinggi dari biasanya, kita harus berupaya mengurangi tekanan darah  melalui perubahan gaya hidup dan harus mencari perawatan dari dokter.

Rekomendasi Asupan GaramKita membutuhkan sekitar 500 miligram garam setiap hari. Kebanyakan orang mengonsumsi sekitar 10 kali lipat jumlah itu setiap hariJumlah garam yang disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi tidak lebih dari 1500 miligram sehari.

Baca Juga: Penyebab Angka Hipertensi di Indonesia Tinggi Karena Garam dan Minyak Goreng, Simak Faktanya

Baca Juga: Waspada Ancaman Depresi di Usia Menopause, Hubungan Baik dengan Pasangan Dapat Mencegah Stres

Menurunkan Asupan GaramMakanan olahan menggunakan garam sebagai aditif. Hampir 80% dari asupan garam harian rata-rata orang berasal dari makanan olahanMakan terutama hanya makanan alami dan membatasi penggunaan garam meja akan mengurangi garam dalam makanan.

Makanan yang Harus DihindariGaram bisa bersembunyi di banyak makanan olahan. Cobalah untuk makan sebagian besar hasil bumi, buah-buahan dan daging segar. Hindari bumbu, acar, ham, bacon, salsa, keju, potongan daging dingin, zaitun, kaldu, apa pun yang dikalengkan, dan apa pun yang diproses.Kita perlu memeriksa kandungan natrium pada label makanan dan berpikir dua kali tentang apa pun dengan lebih dari 100 mg per porsi. (*)