Find Us On Social Media :

Kenali Faktor Risiko Hipertensi dan Pencegahannya

Obesitas, salah satu faktor risiko munculnya hipertensi.

GridHEALTH.id - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah  kondisi di mana tekanan darah akan lebih tinggi dari tekanan darah normal. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan sirkulasi darah.Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ciri-ciri hipertensi bisa dideteksi dengan melihat dua angka pengukuran tekanan darah yang disebut sistolik dan diastolik.

Angka sistolik memaparkan tekanan pembuluh darah ketika berdenyut, sedangkan diastolic menunjukkan tekanan pembuluh darah ketika beristirahat.

Seseorang dikatakan memiliki darah tinggi jika angka sistolik menunjukkan angka 140 mmHg atau lebih, sedangkan angka diastolik 90 mmHg atau lebih setelah dilakukan dua kali pengukuran. Sementara itu, tekanan darah normal berada di angka 120/80 mmHg.Hipertensi juga sering dicap sebagai “the silent killer” atau “si pembunuh diam-diam” karena kondisi ini dapat terjadi dalam jangka panjang.

Hipertensi juga dapat memicu komplikasi yang dapat menyebabkan kematian seperti strok, gagal ginjal, jantung koroner, dan gagal jantung. 

Setiap orang wajib mengenali faktor risiko hipertensi mengingat penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi bahkan kematian bila tidak dicegah dan diobati. Berikut faktor-faktornya:1. Kelebihan berat badan atau obesitasSemakin berat tubuh kita, semakin banyak aliran darah yang kita butuhkan untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan. Saat volume darah yang beredar melalui pembuluh darah  meningkat, begitu juga tekanan di dalam arteri.

2. Terlalu banyak garam (natrium) dalam makanan yang kita konsumsiTerlalu banyak natrium dalam makanan yang kita makan dapat menyebabkan tubuh menahan cairan, dan juga menyebabkan arteri di tubuh menyempit. Kedua faktor tersebut meningkatkan tekanan darah.3. Terlalu sedikit potasium dalam makanan

Baca Juga: Rekomendasi Minuman yang Aman Dikonsumsi Penyandang Hipertensi, Mudah Didapatkan

Baca Juga: Tanda Kanker Pada Wanita, Waspada 7 Gejala Ini Sering Diabaikan

Kalium membantu menyeimbangkan jumlah natrium dalam sel.  Kalium menyebabkan sel-sel otot polos di arteri rileks, yang menurunkan tekanan darah.4. Tidak aktif secara fisikOlahraga meningkatkan aliran darah melalui semua arteri tubuh, yang menyebabkan pelepasan hormon alami dan sitokin yang mengendurkan pembuluh darah, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah. Kurangnya aktivitas fisik juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan.5. Minum alkoholMinum lebih dari dua gelas per hari dapat menyebabkan hipertensi, mungkin dengan mengaktifkan sistem saraf adrenergik, menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan peningkatan aliran darah dan detak jantung secara simultan.6. Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara, tetapi dramatis.

Jika mencoba untuk bersantai dengan makan lebih banyak, menggunakan tembakau atau minum alkohol, kita hanya dapat memperburuk masalah dengan tekanan darah tinggi. Teknik relaksasi dan meditasi efektif menurunkan tekanan darah.7. Mengonsumsi Obat Anti Inflamasi Non Steroid (NSAID)Ibuprofen (Advil, Motrin, Ibuprofen) dapat menyebabkan perburukan hipertensi yang sudah ada atau perkembangan tekanan darah tinggi baru.

Ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, memburuknya gagal jantung, dan bahkan serangan jantung atau stroke.