Find Us On Social Media :

Anak Juga Berisiko Kapalan, Berikut Tips Mencegah dan Menangani Kaki Kapalan pada Anak

Anak juga berisiko mengalami kapalan, berikut tips mencegah dan menangani kapalan pada anak dengan mudah dan sederhana.

GridHEALTH.id - Permasalahan pada kulit yang muncul di kaki seringkali dikaitkan dengan kondisi kapalan.

Kondisi ini seringkali disebabkan oleh adanya gesekan yang berulang, sehingga kulit pada kaki yang terkena gesekan akan mengeras seiring waktu.

Kaki kapalan bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pada anak, maka kenali penyebab dan tips mencegah serta menangani kaki kapalan pada anak.

Kapalan pada Anak

Kebanyakan orang mungkin akan menganggap bahwa kapalan hanya terjadi pada orang dewasa, namun nyatanya kondisi ini juga bisa dialami oleh anak.

Tidak dapat dipungkiri bahwa orang dewasa sudah melakukan banyak aktivitas fisik sehingga berisiko menimbulkan gesekan berulang yang berkembang menjadi kapalan.

Kapalan pada anak pun ternyata menjadi kondisi yang mungkin terjadi, karena anak juga memiliki tingkat energi yang tinggi dan banyak waktu bermain, seperti terlalu lama berdiri, berlari, dan aktivitas lainnya yang memicu gesekan berulang.

Sehingga tidak heran jika anak yang aktif dapat dengan mudah mengembangkan kaki kapalan.

Kapalan sendiri adalah kondisi di mana kulit menebal akibat adanya gesekan berulang untuk jangka waktu lama dan akhirnya mengeras.

Biasanya berwarna keabu-abuan atau putih atau kekuningan, yang mungkin terasa bergelombang meski tidak terasa sakit jika pada tangan, namun untuk kapalan di kaki bisa menyebabkan sakit karena diinjak sepanjang waktu.

Kaki kapalan bisa terlihat dari bentuknya yang bundar dan biasanya terbentuk di bagian bawah kaki, tepat di belakang jempol kaki, luar jempol,  kelingking, atau tumit.

Baca Juga: Ini Dia, 5 Rekomendasi Salep Terbaik Untuk Kaki Kapalan