Find Us On Social Media :

Kenali Penyebab dan Dampak yang Ditimbulkan dari Kanker Prostat

Inilah penyebab dan dampak dari kanker prostat, cobalah mulai kenali.

GridHEALTH.id – Kanker menjadi salah satu penyakit yang hingga kini belum bisa disembuhkan secara total, namun pengobatannya sudah jauh lebih baik.

Ada banyak jenis dari kanker, salah satunya yang banyak dialami adalah kanker prostat, maka mulailah untuk lebih peduli dengan kondisi ini.

Kenali penyebab dan dampak kanker prostat yang bisa dijadikan pilihan untuk mencegahnya, sehingga risiko terkena dapat diminimalisir.

Definisi Kanker Prostat

Kanker prostat didefinisikan sebagai pertumbuhan sel yang tidak wajar pada kelenjar prostat dan menyebabkan seseorang bermasalah dengan kelenjarnya, gejala paling umum adalah dengan sulitnya buang air kecil karena ada rasa nyeri, sensasi terbakar, dan lainnya.

Penyebab Kanker Prostat

Ada banyak penyebab dan faktor risiko kanker prostat yang perlu diketahui, yaitu:

1. UsiaUmumnya kanker ini terjadi seiring bertambahnya usia, dengan rata-rata di usia 75-79 tahun

2. Etnis – Penelitian menunjukkan kanker ini terjadi lebih sering pada pria kulit hitam dibanding kulit putih dan lebih jarang terjadi pada pria Asia, seperti yang disebutkan cancerreasearchuk.org.

3. Riwayat keluargaRisiko seseorang terkena kanker prostat lebih besar, jika ada kerabat atau keluarga yang juga pernah menderita kanker ini, seperti ayah, saudara laki-laki, kakek, paman.

4. Mewarisi gen yang salah – Gen BRCA1 dan BRCA2 yang salah serta sindrom lynch disebut dapat meningkatkan risiko kanker ini, sehingga jika seseorang merawasi gen ini perlu untuk waspada.

Baca Juga: Apakah Remaja Bisa Terkena Kanker Prostat? Ini Penjelasannya